Sosialisasi Kegiatan Belajar Mengajar Penjasorkes Pada SD Negeri 45 Kota Banda Aceh

Musran Musran Musran, Syahrianursaifi Syahrianursaifi, Erizal Kurniawan, Yulinar Yulinar, Husaini Husaini, Ammar Zaki

Abstract


Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah proses pendidikan melalui jasmani atau gerak. Gerak di dalam pendidikan jasmani merupakan sebagai media belajar. Umumnya siswa melakukan gerak hanya karena atas dasar perintah guru, tanpa memahami pentingnya aktivitas gerak dari pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan kebugaran. Tujuan sosialisasi untuk memberikan penyuluhan, memotivasi dan menguatkan siswa akan pentingnya aktivitas gerak dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Pentingnya aktivitas gerak adalah melatih keterampilan dasar siswa yang bermuara untuk peningkatan kebugaran. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam pengabdian yaitu berupa sosialisasi, motivasi, diskusi dan pengisian lembar soal oleh siswa. Hasil pengabdian adalah memperoleh pengetahuan pentingnya akan gerak melalui kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani untuk meningkatkan tafaf kebugaran siswa di sekolah dasar

Keywords


Sosialisasi, Kegiatan belajar mengajar, Penjasorkes

Full Text:

PDF

References


Arisandi, Y., Neldi, H., Sepriadi., & Edwarsyah. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar. Jurnal JPDO, 6(1), 53–58. http://jpdo. ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1277

Asmar., Ihsan, H. A., & Bismar, A. R. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Video. Guepedia.

Asmawi, M., Yudho, F. H. P., Sina, I., Gumantan, A., Kemala, A., Iqbal, R., & Resita, C. (2022). Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas. Jejak Pustaka.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, R. T. K., Apriliyanto, R., & Yono, T. (2022). Analisis Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 17–25. https:// doi.org/10.36379/Corner.V3I1.294

Kamaruddin, I., Hasanuddin, M. I., Nasruddin., Hasan., Maulana, A., CS, A., Imawati, V., Rozi, F., Nilawati, I., & Haris, A. (2022). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Musran., Syahrianursaifi., Yulinar., & Kurniawan, E. (2023). Analisis Posisi Tubuh, Sudut Dan Gaya Dalam Lempar Cakram Atlet Pengprov PASI Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1), 75–90. https://doi.org/10.30601/DEDIKASI.V 7I1.34 78

Rizal, J. H., Safruddin, & Dewi, N. K. (2022). Pengaruh Permainan Benteng terhadap Kemampuan Gerak Dasar Lari pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SDN 2 Lendang Kunyit. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 93–100. https://doi.org/10.293 03/JCAR.V4I2.1695

Saitya, I., & Yamin, M. (2022). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 24–31. https://jurnal.habi.ac.id /index.php/Pior/article/view/56

Suherman, A. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas. UPI Sumedang Press.

Sutapa, P. (2020). Aktivitas Fisik Motorik dan Pengembangan Kecerdasan Majemuk Usia Dini. PT. Kanisius.

Yulinar., Atika, R. A., Kurniawan, E., Syahrianursaifi., & Musran. (2022). Sosialisasi Pentingnya Menjalankan Ibadah Shalat Dan Puasa Sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan Secara Fisik Dan Psikis. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1672–1675. https://doi.org/ 10.31764/JPMB.V6I4.11078

Yusuf, S. (2010). Program Bimbingan Belajar di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020