Education And Simulation Of Emergency Assistance Evacuation And Transportation

Riyan Mulfianda, Nursa'adah Nursa'adah, Khaira Rizki, Eva Risma, Maria Ulfa, Riki Wahyudi, Tety Sriana

Abstract


Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang rawan terhadap bencana, seperti gempa bumi, longsor dan banjir bandang. Tangse, Pidie merupakan salah satu daerah di Aceh yang sering mengalami bencana banjir bandang, fenomena alami ini telah menjadikan masyarakat Tangse akrab dengan bencana banjir.. Salah satu upaya untuk menjadikan masyarakat lebih mandiri sehingga dapat mencegah banyak korban bencana, maka dibutuhkan adanya tenaga relawan di masyarakat yang tangguh terhadap bencana. Evakuasi atau pemindahan korban suatu cara yang digunakan untuk menyelamatkan korban ketempat yang lebih aman, dengan memindahkan korban maka akan membantu dalam proses penanganan korbannya. Penanganan korban yang salah akan menimbulkan cedera lanjutan atau cedera baru. Tujuan dari kegiatan ini adalah pemberian informasi dan pelatihan tentang cara evakuasi dan transportasi korban bencana ataupun kecelakaan pada masyarakat Tangse. Metode yang digunakan yaitu kegiatan pelatihan evakuasi dan transportasi dengan cara ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan 2 sesi, sesi pertama dilakukan pemberian materi edukasi tentang evakuasi dan transportasi korban bencana, sesi kedua dilakukan demontrasi dan simulasi oleh tenaga relawan tentang cara evakuasi korban. Hasil yang didapatkan pada kegiatan ini menambah pengetahuan dan pemahaman tenaga relawan masyarakat mengenai penanggulangan Bencana khususnya tentang evakuasi dan transportasi korban bencana ataupun pada kondisi kegawatdaruratan

Keywords


Evakuasi, Transportasi, Gawat Darurat, Bencana

Full Text:

PDF PDF

References


Achmad, L. Dan T., (2017). Pelatihan Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis Masyarakat Di Desa Tangkobu Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo Guna Mewujudkan Masyarakat Tanggap Bencana, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo.

Amadhila, E., Shaamhula, L., Van Rooy, G. & Siyambango, N (2013). Disaster Risk Reduction In The Omusati And Oshana Regions Of Namibia’,. J. Disaster Risk Stud. 2, 1–9.

Amin, M.K., Astuti, R.T., Margono, M (2020). Improvisasi Hardskill Relawan Muhammadiyah Dalam Menangani Bencana Alam. BERDIKARI J. Inov. Dan Penerapan Ipteks 8, 142–150.

BNPB (2021). BNPB Verifikasi 5.402 Kejadian Bencana Sepanjang Tahun 2021. Https://Bnpb.Go.Id/Berita/Bnpb-Verifikasi-5-402-Kejadian-Bencana-Sepanjang-Tahun-2021

Gaston, B-W., Aka, F-T., Burnley, C., & Isabella, Z.T (2016). , ‘Local Governance In Disaster Risk Reduction In Cameroon’, Jamba. J. Disaster Risk Stud. 4.

Iswari, Miranti Florensyia, (2019). Pelatihan Tanggap Bencana Tentang Evakuasi Dan Transportasi Korban Di SMPN 30 Plaju Palembang. Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Muhammadiah Plb. 2, 1–8.

Nugroho, W., Prihatin, S., (2022). Penerapan Metode Simulasi Pada Praktik Penanganan Korban Bencana Sebagai Penguatan Ketrampilan Masyarakat. J-Abdi J. Pengabdi. Kpd. Masy. 1, 2669–2674.

Suwaryo, P.A.W., Yuda, H.T., Prasetyaningsih, W., Isnaeni, W., Amalia, S.A., (2022). Teknik Evakuasi Bencana Tanah Longsor Untuk Warga Desa Tunjungseto Kecamatan Sempor, In: Prosiding University Research Colloquium. pp. 166–171.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020