Pendidikan Kesehatan Pada Lansia Tentang Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin Ke Pos Bindu Di Desa Gue

Edhitta Deviani, Muhammad Daud

Abstract


Kegiatan berupa Posbindu Lansia dengan harapan menumbuhkan kebiasaan baru serta kesadaran masyarakat untuk membantu lansia sesuai dengan kebutuhannya pada lingkungan yang tepat, sehingga para lansia tidak merasa lagi terabaikan didalam masyarakat dan meningkatkan pengabdian untuk usaha-usaha sosial dan kemanusiaan. Jurnal ini membahas tentang Pendidikan kesehatan pada lansia tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin ke posbindu di desa Gue. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan lansia melalui penyuluhan kesehatan tentang posbindu agar lansia lebih tertarik untuk berkunjung ke posbindu. Kegiatan ceramah dan tanya jawab dilakukan untuk memberikan pemahaman pada lansia tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin. Materi ini diberikan oleh dosen Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas kedokteran Universitas Abulyatama.


Keywords


pendidikan kesehatan, lansia, posbindu.

Full Text:

PDF

References


Notoadmodjo, S. (2003). Prinsip-prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Sumiasih, Dkk. 2010. Pengetahuan Kader Tentang Proses Menua Dengan Keaktifan Kader Pada Pelaksanaan Posbindu Di Kelurah Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Semarang. Jurnal Kesehatan, Vol 6 no 1 Th 2010.: Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah

Wijiat, Siti. 2009. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Lansia Dengan Perilaku Mengikuti Posbindu Lansia Di Karanganyar Gunung Candi Lama Semarang. Skripsi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Semarang.

Rahayu, Y.,P., 2012. Posbindu Lansia.

Itachi, Uciha. 2013. Posbindu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020