Pengaruh Penggunaan Alat Kontrasepsi Dan Pola Asuh Anak Bagi Masyarakat Gampong Aron Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar

Fauziah Fauziah, Muhammad Daud

Abstract


Penggunaan kontrasepsi merupakan salah satu alternatif untuk ibu dan suami agar dapat mencegah kehamilan.Alat kontrasepsi yang saat ini sudah tersedia bermacam-macam. Selain adanya alat kontrasepsi untuk wanita juga tersedia alat kontrasepsi untuk pria.Pola asuh yang baik menjadikan anak berkepribadian kuat, tidak mudah putus asa, dan tangguh menghadapi tekanan hidup. Pola asuh orang tua dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pendidikan orang tua, lingkungan, dan budaya. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2021 pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB bertempat di desa Aron Kecamatan Kuta Baro. Kegiatan sosialisasi memberikan manfaat dapat meningkatkan wawasan dan edukasi ibu terkait pemilihan alat kontrasepsi yang tepat dan pola asuh anak yang tepat.

Keywords


Kontrasepsi, Pola Asuh

Full Text:

PDF

References


Edwards, C. D. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung: Mizan Media Utama

Fatoni Z, Astuti Y, Seftiani S, Situmorang A, Widayatun NFN, Purwaningsih SS. Implementasi kebijakan kesehatan reproduksi di Indonesia: sebelum dan sesudah reformasi. Jurnal Kependudukan Indonesia (JKI). 2015;10(1):65.

Ngewa, H. M. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Ya Bunayya

Prawirohardjo, Sarwono. 2006. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi.Jakarta: Yayasan Bina Pustaka

Wijayanti AN, Febrianti Y, Estiningsih D. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan jenis kontrasepsi pada wanita usia subur Di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Media Farm J Ilmu Farm. 2018;113–-1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020