Sosialisasi Covid-19 Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Tiga Aceh Besar

Nurul Sa'adah, Yadi Putra, Fitri Haryani

Abstract


Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit akibat infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Coronavirus adalah kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Selain virus SARS-CoV-2 atau virus Corona, virus yang termasuk dalam kelompok Coronavirus adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome ( dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yakni Coronavirus, COVID-19 memiliki beberapa perbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala. Menjaga kesehatan dari covid-19 merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan terutama pada ibu-ibu hamil. Karena resiko ibu hamil mengalami covid-19 berat jika terinfeksi dibandingkan dengan perempuan tidak hamil pada usia yang mirip. Dengan meningkatkan pengetahuan ibu-ibu hamil melalui penyuluhan kesehatan tentang cara penularan dan resiko covid-19, maka ibu-ibu hamil tentu akan lebih berhati-hati dan lebih menjaga kesehatan agar lebih sehat, karena ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 dan memiliki infeksi penyakit lain juga memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan gejala lebih buruk, daripada ibu hamil yang tidak terinfeksi. Risiko seperti keguguran, kelahiran prematur, bayi lahir mati, memiliki infeksi yang lebih parah hingga demam tinggi pada trimester pertama kehamilan dengan penyebab apapun yang dapat menyebabkan bayi lahir cacat.


Keywords


Covid-19, Kesehatan Ibu Hamil

Full Text:

PDF

References


Dong, et al. 2020. Epidemiology of COVID-19 among children in China. Pediatrics;145:e20200702

Erlina et al.2020. Pneumonia COVID-19. Diagnosis dan Tatalaksana di Indonesia. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. Jakarta.

Kemenkes RI. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease Covid-19 Revisi 5. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Liu YC, Kuo RL, Shih SR. 2020. COVID-19: The first documented coronavirus pandemic in history. Vol. 43, Biomedical Journal. Elsevier B.V: 328–33.

Wang Z, Qiang W, Ke H. Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention. Hubei Sci Technol Press. 2020; 105-8

World Health Organization.2020.Novel Coronavirus (2019-nCoV) SITUATION REPORT - 1. Vol. 10, Materials and Methods.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020