Kegiatan Penyuluhan Hipertensi Di Desa Gue Kecamatan Kuta Baro

Syukriadi Syukriadi, Yadi Putra, Teuku Noval

Abstract


Hipertensi sebagai salah satu penyakit tidak menular yang paling umum ditemukan dalam praktik kedokteran primer. Komplikasi hipertensi dapat mengenai berbagai organ target seperti jantung, otak, ginjal, mata,  dan arteri perifer. Dalam sebuah studi metaanalisis yang mencakup  61  studi  obervasional prospektif  pada 1 juta pasien yang setara dengan  12 juta  person-years ditemukan bahwa penurunan rerata tekanan darah sistolik sebesar 2 mmHg dapat menurunkan risiko mortalitas akibat penyaki jantung  iskemik dan menurunkan risiko mortalitas akibat stroke sebesar 10%. TIM dosen pengabdian kepada masyarakat dan mahasiswa melaksanakan kegiatan dalam bentuk sosialisasi terkait dengan edukasi tentang hipertensi. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 30 September 2019 bertempat di Desa Gue Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Manfaat dari sosialisasi ini bertujuan menambah wawasan dan edukasi masyarakat untuk memahami tanda gejala hipertensi dan cara penangan hipertensi. Tim Pendamping kegiatan yang terdiri dari dosen dan mahasiswa keperawatan, kepala desa dan masyarakat desa Gue Kecamatan Kuta Bari Kabupaten Aceh Besar. Secara umum kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberika pemahaman kepada masyarakat terkait hipertensi.


Keywords


Penyuluhan, Hipertensi.

Full Text:

PDF

References


Saleha, 2009. Asuhan DIPLOMA TIGA KEPERAWATAN Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika (hlm: 71-76).

Suherni, 2007. Perawatan Masa Nifas. Yogyakarta: Fitramaya. (hlm: 101-118).

Putri, E. D. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Upaya Kepatuahan Pemberian Vitamin A pada Balita Di Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta Tahun 2014. Karya Tulis Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Kurniawati, R. S.(2015). Gambaran Pelaksanaan Pemberian Kapsul Vitamin A pada Ibu Nifas (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kalibawang Kabupaten Wonosobo) . Unnes Journal of Public Health (UJPH )4 (2): 132-142

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta. Kementerian Kesehatan RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020