TINGKATKAN PRESTASI, HILANGKAN KEBIASAAN BURUK DI SEKOLAH

Tahara Dilla Santi, Saufa Tasyaul Kamila, Nidaul Fitria, Raudhatun Mahirah, Nurul A'la, Aditya Candra

Abstract


Abstrak : Strategi yang efektif dalam mencegah  kebiasaan buruk siswa itu dapat meningkatkan prestasi di lingkungan sekolah. Fokus utama adalah pengembangan program pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakter, penguatan motivasi intrinsik, dan pembinaan keterampilan manajemen waktu. Metode observasi dan kuesioner digunakan untuk mengidentifikasi pola perilaku dan sikap buruk serta mengevaluasi dampak intervensi. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan holistik dapat berhasil mengubah kebiasaan buruk siswa, memungkinkan mereka mencapai prestasi lebih optimal dalam proses pembelajaran. Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan program-prestasi di institusi pendidikan.   

 


Keywords


kebiasaan buruk, meraih prestasi

Full Text:

PDF

References


Anak, B. (n.d.). PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK Nur Afni, Jumahir. 108–139.

Anasiru, M. A., Minasti, & Puspawati, N. N. (2017). Hubungan Kebiasaan Sarapan Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 13 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Health and Nutritions Journal, III, 2549–7618.

Anhari, B. S. . (2014). Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. 2(1), 25–36.

H Kara, O. A. M. A. (2014). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Efektif Dengan Prestasi Belajar Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Kurniawati, E., Husniati, H., & Oktaviyanti, I. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 475–481. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1183

Putriana, Yusmansyah, & D. (2019). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok untuk Mengurangi Sikap dan Kebiasaan Belajar yang Tidak Baik. Alibkin: Jurnal Bimbingan Konseling, null(23), 301–316.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18–27. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53

Vina, R., Dianty, K., & Rahman, A. (n.d.). Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Dukuh Nglawu Kabupaten Sukoharjo Pada Pembelajaran Terbatas Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 179(2), 2022.

Tahara Dilla Santi, Aditya Candra. (2022). Penyuluhan Jajanan Sehat Untuk Anak Indonesia Sehat. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia.1 (2): 9-11. https://doi.org/10.26714/jipmi.v1i2.4

Aditya Candra, Tahara Dilla Santi. (2022)Peduli Gempa Pidie Jaya: Sebuah Aksi Kemanusiaan.Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JIPMI). 1 (3); 29-31.e-ISSN 2829-5617. https://jurnalnew.unimus.ac.id/index.php/jipmi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020