BIMBINGAN BELAJAR LITERASI NUMERASI MATEMATIKA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR LAMBADA KLIENG ACEH BESAR

Riki Musriandi, Ferlya Elyza, Silvi Puspa Widya Lubis, Syarifah Rahmiza Muzana, Irma Aryani, Akhyar Akhyar, Saifuddin Saifuddim, Hasbullah Hasbullah, Ozy Ilyanda Saputra, Irfa Ariska

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abulyatama merupakan bentuk implementasi tri dharma yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Program ini fokus pada bimbingan literasi matematika, kompetensi dasar yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas bangsa. Dalam dunia pendidikan, terutama jenjang dasar, literasi menjadi standar kompetensi wajib peserta didik dan sebagai bekal adaptasi di luar kelas. Namun, tingkat literasi peserta didik di Indonesia masih rendah, serta sistem pendidikan belum berkembang secara optimal, sehingga tertinggal dari negara lain. Kegiatan pengabdian dilakukan di SD Negeri Lambada Klieng Aceh Besar dengan menyediakan program bimbingan belajar untuk meningkatkan literasi dan numerasi anak usia SD dan SMP di sekitar mahasiswa. Diharapkan, program ini dapat meningkatkan kompetensi literasi peserta didik dan memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di wilayah tersebut.


Keywords


Bimbingan Belajar, Literasi Numerasi, Matematika

Full Text:

PDF

References


Suryani, dkk (2022). Kegiatan Mahasiswa KKN Universitas Abulyatama dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan: SELAPARANG Vol 6 No 4 page 1894-1897.

Aryani, I. dkk (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Unaya Vol 3 No 2 hal: 37-41

Sulzby. E (1986). Emergent Literacy:Writing and Reading: Ablex Publication Corp. University of Minnesota.

Marsudi. S, dkk. 2003. Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Surakarta. Muhammadiyah University Press.

Mulyasa. E (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmad, I. dkk (2018). Oral glucose tolerance activity of Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia L. Merr.) bulbs extract based on the use of different extraction method. Pharmacognosy Journal. Vol 10 Nomor 1 paege 49–54.

Suryosubroto. B (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Jurnal Abdimas

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2020