Analisis PHBS Pada Anak Stunting Di Puskesmas Aceh Jaya

Nurul Fajri, Mhd Hidayatullah

Abstract


Status gizi merupakan ukuran keberhasilan memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Beberapa tahun terakhir target penurunan status gizi buruk balita belum signifikan. Dampak gizi buruk pada anak bersifat sulit untuk dikoreksi di usia dewasa. Penelitian tentang faktor ekonomi, faktor sanitasi, faktor pendidikan , dan faktor perilaku terhadap dengan kejdian gizi buruk pada balita usi 4-5 yang sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian gizi buruk. jenis penelitian yang diapakai adalah penelitian deskriptif yaitu bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi gizi buruk pada balita usia 4-5 tahun di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya. Rancangan yang dipakai adalah mengunakan desain cross sectional yaitu dengan membagikan kuesioner sebagai cara untuk mengambil data kepada setiap responden dengan sekali penyebaran. Penelitian ini dilaksanakan pada saat posyandu yang dilakukan dibeberapa daerah di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya. Populasi pada penelitian ini merupakan ibu-ibu yang mempunyai balita dengan Gizi Buruk yang berpendudukan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya, dengan jumlah populasi sebanyak 25 balita dengan kejadian gizi buruk. Pada penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling yaitu sampel yang sudah ditetapkan atau sudah ada. Sampel pada penelitian ini yaitu, balita yang mengalami gizi buruk sebanyak 25 orang, yang tediri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat. Berdasarkan uji bivariat yang dilakukan didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antaran variabel independen dengan variabel dependen

Keywords


Balita, PHBS, Stunting

Full Text:

PDF

References


Adriany, Feni, et al. "Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Pengetahuan dengan Kejadian Stunting pada Balita di Wilayah Puskesmas Rambah." Jurnal Kesehatan Global 4.1 (2021): 17-25.

Adriany, Feni, et al. "Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Pengetahuan dengan Kejadian Stunting pada Balita di Wilayah Puskesmas Rambah." Jurnal Kesehatan Global 4.1 (2021): 17-25.

Adriany, Feni, et al. "Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Pengetahuan dengan Kejadian Stunting pada Balita di Wilayah Puskesmas Rambah." Jurnal Kesehatan Global 4.1 (2021): 17-25.

Al Azies, Harun. Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga Penderita TB Di Wilayah Pesisir Kota Surabaya Menggunakan Pendekatan Regresi Logistik Biner. Diss. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

Bella, Febriani Dwi, Nur Alam Fajar, and M. Misnaniarti. "Hubungan antara pola asuh keluarga dengan kejadian balita stunting pada keluarga miskin di Palembang." Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas 5.1 (2020): 15-22.

Cahyani, Vellim Dina. "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga dengan Kejadian Stunting dan Non-Stunting pada Remaja Putri di SMP Negeri 1 Nguter Sukoharjo." Surakarta: Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (2017).

Fannya, Puteri, and Laela Indawati. "Analisis Pemecahan Masalah Rendahnya Cakupan PHBS di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh." Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM) 8.1 (2020): 21-28.

Fibrianti, Eka Alicia, Imam Thohari, and Marlik Marlik. "Hubungan Sarana Sanitasi Dasar dengan Kejadian Stunting di Puseksmas Loceret, Nganjuk." Jurnal Kesehatan 14.2 (2021): 127-132.

Fitriani, Uci Fida, et al. "Sosialisasi dan Penerapan Perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sebagai Upaya Penurunan Angka Stunting di Sekolah Dasar Desa Kunjorowesi." KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.2 (2022): 1-8.

Handika, Aisah, and Siti Rochmani. "HUBUNGAN PHBS DAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDAUNG BARAT KABUPATEN TANGERANG 2021." Nusantara Hasana Journal 2.2 (2022): 141-154.

Harikatang, Megalea Rut, et al. "Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kejadian balita stunting di satu kelurahan di tangerang." Jurnal Mutiara Ners 3.2 (2020): 76-88.

Jupri, Ahmad, et al. "Cegah Stunting dengan Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Desa Penedagandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur." ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram 3.2 (2022): 101-106.

Naelasari, Dian Neni, and Nurmaningsih Nurmaningsih. "Edukasi PHBS di Rumah Tangga Dalam Mencegah Stunting Pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Kota Mataram." Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.2 (2022): 11-15.

Nauli, Humaira Anggie. "Analisis Deskriptif Phbs Dan Status Gizi Masyarakat Upaya Peningkatan Status Kesehatan Melalui Pendekatan Kolaboratif Berbagai Pemangku Kepentingan." Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5.1 (2021): 49-58.

Putri, Ulfa Alfiana, et al. "HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA: LITERATURE REVIEW." (2021).

Rifiana, Andi Julia, and Linda Agustina. "Analisis kejadian stunting pada balita di desa pasirdoton kecamatan cidahu kabupaten sukabumi provinsi jawa barat tahun 2017-2018." Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya 4.2 (2018).

Sangadji, Alya Marchanda, Muaningsih Mikawati, and M. Muaningsih. "Hubungan perilaku dan pengetahuan ibu dalam penerapan PHBS dengan kejadian stunting pada balita usia 3-5 tahun di Puskesmas Kaluku Bodoa Kota Makassar." STIKES Panakkukang Makassar (2021).

Sangadji, Alya Marchanda, Muaningsih Mikawati, and M. Muaningsih. "Hubungan perilaku dan pengetahuan ibu dalam penerapan PHBS dengan kejadian stunting pada balita usia 3-5 tahun di Puskesmas Kaluku Bodoa Kota Makassar." STIKES Panakkukang Makassar (2021).

Sari, Intan Indah Kartika, and Muji Sulistyowati. "Analisis promosi kesehatan di puskesmas Kalijudan terhadap PHBS rumah tangga ibu hamil." Jurnal Promkes 3.2 (2015): 159-170.

SJMJ, Sr Anita Sampe, Rindani Claurita Toban, and Monica Anung Madi. "Hubungan Pemberian ASI Eksklusif Dengan Kejadian Stunting Pada Balita." Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 9.1 (2020): 448-455.

Uliyanti, Uliyanti, Didik Gunawan Tamtomo, and Sapja Anantanyu. "Faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada balita usia 24-59 bulan." Jurnal vokasi kesehatan 3.2 (2017): 67-77


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Fajri, Mhd Hidayatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                                               Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.