Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Hidup Keluarga Miskin Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh

Fadli Syahputra, Asnawi Abdullah, Irwan Saputra

Abstract


Latar Belakang: Minimnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan balita serta belum optimalnya pelaksanaan pendidikan, masih rendahnya pola hidup sehat di kalangan masyarakat sehingga rentan terhadap berbagai penyakit, kemampuan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kemudahan akses informasi, kemandirian, serta hubungan antar individu dengan lingkungan merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kualitas hidup penerima manfaat PKH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup keluarga miskin penerima manfaat PKH di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh KPM PKH di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh berjumlah 273 ibu balita. Sampel didapatkan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu 73 responden, dan diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji multivariat. Hasil: menunjukkan ada hubungan pendidikan (P. Value 0,003), pendapatan (P value= 0,039), jumlah anggota keluarga (P value= 0,001), lama menerima PKH (P. Value 0,009), dan kepemilikan asset (P value= 0,004) dengan kualitas hidup rumah tangga miskin penerima manfaat PKH di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Saran: Pemerintah perlu semakin mengintensifkan program keluarga berencana, supaya setiap rumah tangga penerima manfaat PKH dapat merencanakan rumahtangganya dengan lebih baik, serta mengadakan pelatihan dan modal pinjaman untuk usaha kecil pada ibu rumah tangga yang nantinya dapat membantu ekonomi keluarga sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin penerima manfaat PKH.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.