Hubungan Tingkat Status Gizi Anak Usia Sekolah dengan Prestasi Belajar Murid Sekolah Dasar Dham Ceukok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Hayatun Nufus, Mulyatina Mulyatina, Nanda Desreza

Abstract


 

Status gizi merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar disamping faktor lain, seperti faktor keluarga, lingkungan, motivasi, serta sarana dan prasarana yang didapatkan disekolah. Rendahnya status gizi anak akan membawa dampak negatif pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kekurangan gizi berhubungan erat dengan pencapaian prestasi akademik anak yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat status gizi anak usia sekolah dengan prestasi belajar murid sekolah dasar Dham Ceukok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan desain cross sectional yang terdiri dari 50 sampel yaitu murid sekolah dasar kelas 4,5 dan 6. Teknik pengambilan sampel yaitu  secara Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan meliputi pengukuran BB dan TB dan nilai raport, serta kuesioner tentang kebiasaan sarapan yang terdiri dari 20 item pernyataan yang hasilnya menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisa univariat yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan analisa bivariate yang disajikan dalam tabel silang. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Dham Ceukok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar pada tanggal…. bulan Mei 2021. Hasil penelitian berdasarkan univariat didapatkan bahwa status gizi pada kategori baik (90,0%), kebisaan sarapan pada kategori baik (62,0%), dan prestasi belajar pada kategori baik (44,0%). Sedangkan secara analisa bivariate diketahui ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar dengan p value (0,004), dan ada hubungan antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar dengan p value (0,001). Diharapkan bagi orang tua dan guru untuk memberi pengetahuan tentang gizi pada anak agar selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang dan memberikan motivasi belajar demi peningkatan prestasi belajar anak.

                                               

Kata Kunci: prestasi belajar, status gizi, kebiasaan sarapan, murid sekolah dasar


Full Text:

PDF

References


Referensi

Ramadhana,. S, dkk, 2019. Status Gizi Murid SDN 19 Dan SDN 35 Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2019/202. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah. Volume 5, Nomor 4 : Hal. 195 – 202.

Kemenkes RI. (2017). Hasil Pemantauan Status Gizi. Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Direktorat Gizi Masyarakat

Suhardjo. 2007. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara

Hardinsyah dan Supariasa, IDN. (2017). Ilmu Gizi Teori dan Aplikasinya. Jakarta: EGC.

Global Nutrition Resport. (2020). Action On Equity To End Malnutrition [internet]. Dikutip dari situs https://globalnutritionreport.org/resources/nutrition-profiles/. 4

Kementerian PPN & Bappena, (2019). Kajian Sektor Kesehatan : Pembangunan Gizi di Indonesia, Cetakan Pertama, Jakarta; Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kedeputian Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas. ISBN: 978-623-93153-1-3. 5

Dinas Kesehatan Aceh. (2020). Laporan Kinerja Dinas Kesehatan Aceh Tahun 2019. Dinas Kesehatan Aceh.

Dinas Kesehatan Aceh Besar. 2020. Laporan Kinerja Dinas Kesehatan Aceh Besar Tahun 2019. Dinkes Aceh Besar.

Meilita M. Rawung. (2020). Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa SD Katolik St Fransiskus Xaverius Kakaskasen Kota Tomohon, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado, Jurnal eBiomedik; Vol.8 No.1 (11-18), ISSN : 2337-330X.

Hayatus, R., Herman, R. B., & Sastri, S. (2014). Artikel Penelitian Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. Junal Kesehatan Andalas, 3(3), 460–465).

Cakrawati, D dan Mustika, NH. (2012) Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta.

Supariasa, IDN, Bakri, B, Fajar, I. (2017) Penilaian Status Gizi.Jakarta: EGC.

Kemenkes RI, 2017. Bahan Ajar Gizi: Penilaian Status Gizi. Cetakan Pertama. Jakarta. Kemenkes RI

Arisman, MB. 2014. Buku Ajar Ilmu Gizi: Obesitas, Diabetes Melitus, & Dislipidemia: Konsep, teori dan penanganan aplikatif. Jakarta: EGC.

Supariasa,IDN. (2014). Pendidikan Dan Konsultasi Gizi. Jakarta: EGC

Latief, A., Tumbelaka, A.R., Matondang, C.S., dkk. 2013. Diagnosis Fisis pada Anak edisi ke-2. Jakarta: CV Sagung Seto.

Soetjiningsih., Ranuh, IG.N Gde. (2017). Tumbuh Kembang Anak, Edisi 2. Jakarta : EGC.

Adriani M, Wijatmadi B. 2016. Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Khomsan, A. 2012. Ekologi Masalah Gizi, Pangan dan Kemiskinan. Bandung: Alfabeta.

Abdul.Kadir A.2016. Kebiasaan Makan Dengan Gangguan Pola Makan Serta Pengaruhnya Terhadap Status Gizi Remaja (UPP PGSD Bone Fakultas Ilmu Pendididkan UNM).

Damopolii, W dkk 2013, Hubungan Konsumsi Fast Food Dengan Obesitas Pada Anak SD Di Kota Manado, eJournal Keperawatan, Vol.1, no.1, hlm. 1-7.

AKG. 2013. Permenkes RI No 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan bagi Bangsa Indonesia. Mentri Kesehatan RI, Jakarta.

Direktorat Standarisasi Produk Pangan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Berbahaya BPOM RI. 2013. Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah untuk Pencapaian Gizi Seimbang. Jakarta : BPPOM RI.

Kemenkes RI. Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Kemenkes; 2017.

Moehji . S. 2013 . Ilmu Gizi I. Bratara Karya Aksara. Jakarta

Khomsan . 2016. Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Suhardjo. 2009. Sosial Budaya Gizi. Bogor: PAU Pangan dan Gizi. 20

Istiany , Ari & Rusilanti. 2013. Gizi Terapan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 21

Departemen Kesehatan RI. 2012. Pemantauan Pertumbuhan Balita. Jakarta: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI. 23

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 24

Syah, Muhibbin .2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 25

Winkel, W.S. 2014. Psikologi Pengajaran. Jakarta:Grasindo. 26

Wong. Donna L. 2015. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 2. Jakarta. EGC. 27

Hurlock , Elizabeth B. ( 2015 ). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang. Kehidupan. Jakarta: Erlangga. 28

Henni, (2020). Hubungan Status Gzi Dengan Prestasi Akademik Anak Kelas 5 Sekolah Dasar Di Kecamatan Bengi Kabupaten Bone. Jurnal lmiah Kesehatan Diagnosis. STIKES Nani Hasanuddin Makassar. Volume 15 Nomor 3. eISSN : 2302-2531.

Rifatul Masrikhiyah, (2020). Pengaruh Kebiasaan Sarapan Dan Status Gizi Remaja Terhadap Prestasi Belajar. Program StudiIlmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan. Jurnal Ilmiah Gizi dan Kesehatan. Vol.2, No.01. SSN 2716-0084.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari, Ed.) (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.