Hubungan Perilaku Keluarga terhadap Pencegahan Kekambuhan Pasien Dengan Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Baiturrahman Kota Banda Aceh

Muhammad Irvan, Syarifah Masthura, Nursa’adah Nursa’adah

Abstract


Laporan Puskesmas Baiturrahman Tahun 2021 menunjukkan ada sebanyak 192 jiwa yang mendapatkan pelayanan kesehatan gangguan jiwa dikarenakan keluarga memiliki pengetahuan yang kurang baik dalam merawat pasien, belum begitu memahami cara mencegah kekambuhan pasien gangguan jiwa sementara itu perilaku keluarga yang menganggap jika gejala sudah berkurang maka pasien sudah sembuh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan perilaku keluarga terhadap pencegahan kekambuhan pasien dengan gangguan jiwa di Puskesmas Baiturrahman Kota Banda Aceh. Desain penelitian adalah deskriptif korelatif dengan populasi sebanyak 192 responden dan sampel sebanyak 66 responden menggunakan proportional sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Juni s/d 4 juli 2021. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada Ada hubungan antara pengetahuan keluarga (P = 0,001), dan sikap keluarga (P = 0,001) terhadap pencegahan kekambuhan pasien dengan gangguan jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Baiturrahman Kota Banda Aceh 2021. Disarankan bagi keluarga penderita gangguan jiwa diharapkan dapat memberikan dukungan dan menambah pengetahuan dengan cara konsultasi dengan ahli jiwa yang ada di puskesmas agar penderita gangguan jiwa tidak mengalami kekambuhan.

Kata kunci: Perilaku keluarga, Pencegahan Kekambuhan, Gangguan Jiwa


Full Text:

PDF

References


Hawari. Manajemen Stres, Cemas Dan Depresi. Jakarta: FKUI; 2017.

Wahyuningsih. Orang Dengan Gangguan Jiwa Dalam Perspektif Komunikasi. Jakarta: Insan Cendekia Mandiri; 2019.

Maramis. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: UNAIR PRESS; 2015.

Wahjadi. Psikiatri Forensik. Jakarta: EGC; 2015.

Julianto. Konseling Gangguan Jiwa Dan Okultisme. Jakarta: Gramedia; 2015.

Rasmun. Keperawatan Kesehatan Mental PsikiatriTerintegrasi Dengan Keluarga. Jakarta: Agung Seto; 2015.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. In: Jakarta: Kemenkes RI; 2019. https://www.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-publikasi-pusdatin-profil-kesehatan.html.

Dinkes Aceh. Profil Kesehtan Aceh Tahun 2019. In: Aceh: Dinas Kesehatan Aceh; 2019. https://dinkes.acehprov.go.id/jelajah/read/2020/05/15/107/profil-kesehatan-aceh-tahun-2019.html.

Dinkes Kota Banda Aceh. Profil Kesehatan Kota Banda Aceh Tahun 2020. Kota Banda Aceh: Dinas Kota Banda Aceh; 2020.

Nofrida. Hubungan pengetahuan dan perilaku peran keluarga dalam melakukan perawatan pasien skizofrenia di RSJD Provinsi Jambi. In: Jurnal Ilmiah Kesehatan. Jambi: Universitas Jambi; 2019.

Muhith. Pendidikan Keperawatan Jiwa. In: Jakarta: ANDI; 2015.

Teguh. Hubungan Pengetahuan Keluarga Dengan Kekambuhan Pasien Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung,. In: Jurnal Keperawatan. Lampung: Universitas Lampung; 2019.

Friedman. Keperawatan Keluarga : Teori Dan Praktek Ed.3. Jakarta: EGC; 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.