Perbedaan Nilai Praktikum Histologi Blok Sistem Kardiovaskular-Respirasi pada Mahasiswa

Meutia Maulina

Abstract


Practicum is one of the learning activities in the laboratory that aims to help students achieve learning objectives within a block. Histology practicum of block Cardiovascular-Respiratory System  is a supporting activity in the block Cardiovascular-Respiratory System which was carried out in the odd semester which was followed by students of the Medical Education Study Program of the Medical Faculty of  Malikussaleh University in the in the first year of academic education. Students of the Medical Education Study Program of the Medical Faculty of Malikussaleh University in 2017 are divided into 2 classes, namely class A and B. This study aims to determine differences in histology practicum’s score of block  Cardiovascular-Respiratory System in 2017 class’s  students of  Medical Education Study  Program of Medical Faculty of Malikussaleh University class A and B.  This study was an analytic study using cross-sectional design. Sampling studied used total sampling with 89 sampels. Data were obtained from the primary data in the form of  the average histology practicum’s scores of  class A and  B students  in the block Cardiovascular-Respiratory System. Analysis of the differences in histology practicum’s score of class A and B used statistic test of Mann-Whitney  with a significant degree (α) of 0,05. The results of the statistic analysis showed that there was no differences in histology practicum’s score of block  Cardiovascular-Respiratory System in 2017 class’s  students of  Medical Education Study Program of Medical Faculty of Malikussaleh University between class A and B with  p-value=0.083 (p<α).


Full Text:

PDF

References


Maulina, M. Penuntun Praktikum Histologi Blok 1.3 Sistem Kardiovaskular-Respirasi. Lhokseumawe: Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. 2010.

Maulina, M. Standard Operating Procedure (SOP) Kegiatan Praktikum Histologi. Lhokseumawe: Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. 2017.

Karsidi, R. Informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). 2018. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2018: http://www.snmptn.ac.id.

Karsidi, R. Informasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 2018. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2018: http://www.sbmptn.ac.id.

Akhlus, S. Informasi Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Barat. 2018. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2018: http://www.smmptnbarat.id.

Pradana, Y. Analisis aktivis mahasiswa: tantangan disintegrafi bangsa dan modernisasi serta globalisasi terhadap nasionalisme Negara-Bangsa Indonesia (studi deskriptif terhadap aktivis mahasiswa UPI dan UNPAD). Skripsi. Bandung: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia. 2011.

Ohorella, N. 2011. Pengaruh kajian islam terhadap kecemasan mahasiswa keperawatan di Stikes Surya Global. Artikel Publikasi Universitas Muhammadyah Yogyakarta, 2011; 7(7).

Vleuten, V.D. Wimmers. Gambaran Pengalokasian Waktu Belajar Mahasiswa Bagian Klinik Selama Program Pendidikan Dokter Tahap Profesi. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. 2010.

Leeson, CR, Leeson, TS and Paparo, AA. Buku ajar histologi, 5th Ed, trans.J Tambayong, Jakarta: EGC. 1996.

Junquiera, LC and Carneiro, J. Histologi dasar, trans. A Dharma, Jakarta: EGC. 2007.

Jefri. Perbedaan derajat kecemasan pada mahasiswa tahap akademik dan tahap profesi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe. 2017.

Toding, WRB., David, L., Pali, C. Hubungan dukungan social dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal e-Biomedik, 2015; 3(1).

Chris, A., Dewi, SM., Tarcisia, T., Tasdin, W. Perbandingan nilai praktikum histologi berdasarkan tingkat kecemasan pada mahasiswa kedokteran. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017; 1(1); 281-286.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan oleh Pemerintah.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 90 Tahun 2017 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Claudya, Y., Ngadimin, Melvina. Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan jalur seleksi masuk Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2017; 2(3): 321-325.

Setyowati. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 13 Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. 2007.

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2006.

Sudjana, N. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya. 2010.

Siagian, REF. 2014 Pengaruh minat dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 2014; 2(2): 122-131.

Bafadal, I. Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.