HUBUNGAN PIJAT AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP KEJADIAN DISMENORRHEA PADA REMAJA PUTRI DI DESA PULAUBENGKALAK KECAMATAN TEUPAH SELATAN KABUPATEN SIMEULUE

frisca kusumawardani, fitria fitria, inda mauliza

Abstract


Abstrak: Saat ini banyak penderita dismenorrhea yang sebenarnya sangat membutuhkan perhatian yang serius, sehingga gejala-gelaja yang ada dapat segeradiatasi. Penanganan nyeri secara non farmakologi yang dapat dilakukan untuk nyeri haid (dismenorrhea) salah satunya yaitu dengan menggunakan aromaterapi lavender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pijat aromaterapi lavender terhadap kejadian dismenorhea padarema japutri di Desa Pulaubengkalak Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue tahun 2019. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment, dengan desain yang dipakai adalah One Group Pre-test Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putrid sebanyak 89 orang dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling dan jumlah sampel didapatkan yaitu 30 responden. Penelitian ini telah dilakukan di desa Pulaubengkalak Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue pada tanggal l Mei sampai 2 Juni 2019. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji paired t-test dengan batas kemaknaan 95% (P < 0,05). Hasil penelitian didapatkan ada hubungan dilakukan pijataromaterapi  lavender terhadap kejadian dismenorrhea pada remaja putrid dengan nilai p=0,000 (P≤0,05). Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata intensitas nyeri responden sebelum dilakukan pijat aroma terapi lavender adalah 5,37. Nilai rata-rata intensitas nyeri setelah dilakukan pijat aromaterapi lavender adalah 4,13, dan ada hubungan dilakukan pijat aroma terapi lavender terhadap kejadian dismenorrhea pada remaja putri.

 

Kata Kunci : Pijat, Aroma terapi Lavender, Dismenorrhea


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Proverawati A. 2013. Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Nuha Medika. Yogyakarta.

Pustikawaty, 2016.Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Skala Nyeri Haid Siswi Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Hal. 1-15.

Megawati, 2016. Pengaruh Relaksasi Dengan Aromaterapi Terhadap Prubahan Intensitas Nyeri di SMPN 1 Bendo Magetan. Jurnal Keperawatan STIKES Bhakti Husada. Hal 31-39.

Dasniar, 2016. Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Kejadian Dismenorrhea Pada Remaja Putri di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Skripsi. Universitas Ubudiyah Indonesia. Hal. 5-20.

Ruriyani, 2014. Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Tingkat Dismenorrhea Pada Mahasiswi Keperawatan Semester VIII Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Skripsi. Hal. 28-41.

Wahyuningsih, M, 2014. Efektifitas Aromaterapi Lavender (Lavandula Angustifolia) dan Massage Effleurage Terhadap Tingkat Nyeri Haid di SMA Negeri 1 Surakarta. Skripsi. Stikes Kusuma Husada Volume. Hal.12-24.

Marni, 2014. Aromaterapi Lavender, http://www.aroma-terapi-lavender-html. Diakses tanggal 20 Juni 2018.

Manan E. 2014. Kamus Pintar Kesehatan Wanita. Buku Biru. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.