HUBUNGAN TINDAKAN BULLYING TERHADAP PSIKOLOGI PADA SISWA-SISWI DI SMA PLUS AL-ATHIYAH

Ade Kiki Riezky, Suriatu Laila

Abstract


Di masa era globalisasi ini marak nya kasus-kasus kekerasan pada anak usia sekolah saat ini sangat lah memprihatikan bagi pendidik dan orang tua. Fenomena yang sering kali terjadi saat ini di sekolah ialah bullying. Bullying dikarakteristikkan sebagai perilaku agresif yang bersifat merusak yang dilakukan dengan sengaja dan berulang-ulang dengan tujuan untuk merugikan korbannya serta dapat disertai dengan adanya perbedaan atau ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan korban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan tindakan bullying terhadap psikologi pada siswa/i di SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Deskriptif korelatif dengan desain penelitian cross sectional stud, dan teknik pengambilan sampel dengan  proporsional sampling. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 30 April sampai 02 Mei. Alat instrument berupa kuesioner. analisa data yang dilakukan dengan univariat dan bivariat. Dari hasil penelitian univariat didapatkan hasil bahwa tindakan bullying terhadap psikologi dengan katagori sering sebanyak 28 responden (50,9%), tindakan bullying fisik terhadap psikologi dengan katagori sering sebanyak 30 responden (54,5%), tindakan bullying verbal terhadap psikologi dengan katagori sering sebanyak 27 responden (49,1%), tindakan bullying relasional terhadap psikologi dengan katagori sering sebanyak 32 responden (58,2%), dan tindakan cyber bullying terhadap psikologi dengan katagori sering sebanyak 31 responden (56,4%). hasil penelitian bivariat didapatkan hasil bahwa ada hubungan tindakan bullying terhadap psikologi dengan p-Value (0,005), tindakan bullying fisik terhadap psikologi dengan p-Value (0,000), tindakan bullying verbal terhadap psikologi dengan p-Value (0,010), tindakan  bullying relasional terhadap psikologi dengan p-Value (0.001), tindakan cyberbullying terhadap psikologi dengan p-Value (0,000). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membuka informasi tentang bahaya bullying bagi psikologi anak-anak, remaja maupun dewasa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.