GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENCEGAHAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) PADA ANAK DI DESA LAMPOH KEUDE ACEH BESAR

Irma Andriani Yuli riska Fauziah

Abstract


ABSTRAK : Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan global pandemic, dimana salah satu provinsi di Indonesia yang mengalami transmisi lokal adalah Aceh. Anak-anak dapat menjadi korban penularan Covid-19 yang tidak terlihat karena ditularkan oleh keluarganya. Maka, sangat dibutuhkan pengetahuan ibu dalam pencegahan Covid-19 pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang pencegahan Covid-19 pada anak di Desa Lampoh Keude Aceh Besar. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak di Desa Lampoh Keude Aceh Besar. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik total sampling sehingga diperoleh 45 responden. Alat pengumpulan data dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden dengan 16 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang pencegahan Covid-19 pada anak dalam kategori tinggi sejumlah 27 responden (60%), pengetahuan ibu tentang pencegahan Covid-19 pada anak berdasarkan aspek deteksi dini dan pengendalian adalah tinggi sejumlah 27 responden (60%), berdasarkan aspek pengendalian administratif dalam kategori rendah sejumlah 24 responden (53,3%), dan berdasarkan aspek pengendalian lingkungan dalam kategori tinggi sejumlah 23 responden (51,1%). Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada para ibu untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan Covid-19 pada anak agar terhindar dari penularan virus Covid-19 dan menciptakan kehidupan bermasyarakat yang sehat dan sejahtera.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.