HUBUNGAN PELATIHAN DENGAN KEMAMPUAN KADER DALAM DETEKSI DINI STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

Rosnita Rosnita, Cut Rahmi Muharrina, Saufa Yarah

Abstract


Kader berperan penting sebagai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya untuk mencegah terjadinya stunting. Namun masih banyak kader yang belum memiliki kemampuan yang memadai dalam melaksanakan tugasnya terutama dalam mendeteksi dini stunting. Kemampuan kader dapat dipengaruhi oleh faktor pelatihan kader sehingga kader mampu dalam mendeteksi dini stunting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelatihan dengan kemampuan kader dalam deteksi dini stunting di wilayah kerja Puskesmas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei analitik dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kader sebanyak 35 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Darussalam pada bulan Juli tahun 2023.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pelatihan dengan kemampuan kader dalam deteksi dini stunting didapatkan p-value = 0,001. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pelatihan dengan kemampuan kader dalam deteksi dini stunting di wilayah kerja Puskesmas Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Diharapkan kepada kader agar dapat meningkatkan informasi tentang deteksi dini stunting. Dengan adanya kemampuan kader dalam deteksi dini stunting maka dapat menurunkan angka kejadian stunting dimasyarakat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.