HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) PADA WANITA USIA SUBUR DI PUSKESMAS LHOKNGA ACEH BESAR

Achi Zhu Kamay, Kiki Rezeki Amelia, Cut Rahmi Muharrina

Abstract


Metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat test (IVA), merupakan Program  deteksi dini kanker serviks yang diterapkan oleh pemerintah dan dicantumkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 796/MENKES/SK/VII/2010 tentang pedoman teknis pengendalian kanker serviks dan payudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan terhadap Pemeriksaan Inspeksi Cisual Asam Asetat (IVA) Pada Wanita Usia Subur Di Wilayah Kerja Puskesmas Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.Jenis penelitian adalah analitik dengan desain cross sectionalstudy. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh WUS yang ada di wilayah kerja Puskesmas Lhoknga  Aceh Besar berjumlah  3.974 orang. Besarnya sampel ditentukan dengan persamaan slovin dan terpilih 98 orang. Pengumpulan data menggunakan data primer yang dianalisis dengan univariat dan bivariat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan (0,020<0,05), dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Pada Wanita Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Lhoknga Aceh Besar.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang berhubungan dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Pada Wanita Usia Subur Di Wilayah Kerja Puskesmas Lhoknga Kabupaten Aceh Besar adalah pengetahuan. Selanjutnya diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan khususnya tentang pemeriksaan IVA Test untuk deteksi dini kejadian kanker serviks dan kepada petugas kesehatan diharapkan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Lhoknga agar dapat meningkatkan sosialisasi tentang pemeriksaan IVA Test.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.