HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN DENGAN PERSONAL HYGIENE SELAMA KEHAMILAN DI WILAYAH UPTD PUSKESMAS JEULINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

Nurul Fajri, Kiki Rezeki Amelia, Nia Hairu Novita

Abstract


Kesehatan ibu hamil untuk mendapatkan ibu dan anak yang sehat dilakukan selama ibu dalam keadaan hamil. Hal ini dapat dilakukan diantaranya dengan  memperhatikan kebersihan diri (personal  hygiene) pada  ibu hamil itu sendiri, sehingga dapat mengurangi hal-hal yang dapat  memberikan efek negatif pada ibu hamil, misalnya pencegahan terhadap infeksi. Di Indonesia, 75% kejadian  infeksi  genetalia disebabkan oleh perilaku hygiene yang buruk, menyebabkan persalinan prematur, ketuban pecah dini (KPD) dan kematian neonatus. Personal hygiene adalah tindakan menjaga diri sendiri termasuk menjaga kebersihan tubuh dan berpakaian sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan Personal Hygiene selama kehamilan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Jeulingke Kecmatan Syiah Kuala  Kota Banda Aceh tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan cross sectional dilaksanakan pada bulan Juli 2023, teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah populasi sebanyak 67 responden. Data dianalisis dengan melakukan melakukan uji analisis chi-square. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 38 responden ibu hamil (56,71%) dengan Personal Hygiene yang tidak bersih. Hasil uji terhadap faktor yang diteliti yakni faktor pengetahuan ibu hamil (p-value= 0,002) dan faktor pendidikan ibu hamil (p-value = 0,004), bahwa nilai p < 0,05 dapat diartikan ada hubungan faktor independen dengan personal hygiene selama kehamilan. Diharapkan kepada tempat penelitian untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan serta melakukan promosi kesehatan sebagai upaya dalam menjaga kebersihan diri melalui penyuluhan oleh tenaga kesehatan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.