PENGARUH KECEMASAN TERHADAP AKTIFITAS SEKSUAL IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

Safriani Dewi, Cut Rahmi Muharrina, Nia Hairu Novita

Abstract


Seksualitas merupakan hal tabu dan sensitif untuk dibicarakan di masyarakat. Menurunnya aktifitas seksual yang merupakan kebutuhan dasar ibu hamil karena khawatir membahayakan janin, rasa tidak nyaman atau sakit selama hubungan seksual, ketakutan akan keguguran, perubahan hormonal, dan perasaan tidak menarik atau kurang percaya diri karena perubahan fisik ibu. Kondisi ini berdampak pada hilangnya konsentrasi ibu hamil, hilangnya rasa kepercayaan diri, menganggu kesehatan dan mengancam keharmonisan rumah tangga.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecemasan terhadap aktifitas seksual ibu hamil primigravida di Wilayah Kerja Puskesmas Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil primigravida di Wilayah Kerja Kerja Puskesmas Peukan Bada dari bulan Maret - Juni berjumlah 43 orang dengan proses pengambilan sampel secara secara total sampling. Tehnik analisis dilakukan dengan uji Chi- Square Tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ada pengaruh antara kecemasan  (P value = 0,000), terhadap aktifitas seksual ibu hamil primigravida di Wilayah Kerja Puskesmas Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar tahun 2023. Disarankan kepada responden untuk mencari sumber informasi tentang aktifitas seksual yang sehat pada kehamilan. Kepada tenaga kesehatan agar meningkatkan kualitas pelayanan ANC mencakup upaya peningkatan pengetahuan ibu hamil khususnya primigravida tentang aktifitas seksual yang aman bagi ibu hamil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.