HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PARTISIPASI IBU MEMBAWA ANAK USIA 3 BULAN-5 TAHUN PADA POSYANDU DESA TUMBO BARO, KECAMATAN KUTA MALAKA, KABUPATEN ACEH BESAR

Eva Agustina, Martina Martina, Saufa Yarah

Abstract


Pos pelayanan terpadu atau posyandu merupakan program layanan kesehatan yang diperuntukkan untuk memantau perkembangan anak khususnya bayi di bawah usia lima tahun (balita). Menurut laporan sejak Januari 2023, tingkat partisipasi ibu terhadap kehadiran membawa anak untuk penimbangan, ukur lingkar lengan atas dan ukur tinggi badan di posyandu Desa Tumbo Baro setiap bulannya belum memenuhi target, yaitu masih 49%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan suami dengan partisipasi ibu membawa anak usia 3 bulan-5 tahun pada posyandu Desa Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampel. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dukungan suami (ρ=0,049) terhadap partisipasi ibu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara dukungan suami, dengan partisipasi ibu membawa anak usia 3- bulan-5 tahun ke posyandu di Desa Tumbo Baro. Dengan demikian, perlu adanya peningkatan keaktifan ibu dalam membawa balita ke posyandu dengan cara orang yang paling dekat atau petugas kesehatan berpartisipasi untuk memberikan penyuluhan kesehatan tentang tumbuh kembang balita secara rutin agar masyarakat dapat menambah wawasan dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.