Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter

Ulul Azmi, Ade Kiki Riezky, Andri Andri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara indeks prestasi kumulatif (IPK) dan motivasi belajar terhadap tingkat kelulusan Compute-Based Test uji kompetensi pada mahasiswa program profesi dokter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional dengan menggunakan teknik pengumpulan data total sampling. Responden merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama yang mengikuti ujian retaker CBT-UKMPPD periode Februari 2019 sebanyak 85 orang, namun yang termasuk kriteria inklusi sebanyak 53 orang. Data IPK responden diperoleh dari data dokumen yang diinput oleh bagian Program Profesi, sedangkan untuk mengukur motivasi belajar digunakan kuesioner MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire). Analisis data dilakukan dengan analisis bivariat menggunakan metode Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 84.9% responden dengan IPK akademik kategori sangat memuaskan, dan 15.1% dengan kategori memuaskan. 41.7% reponden lulus dalam CBT-UKMPPD dan 58.5% lainnya tidak lulus. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan bermakna antara IPK akademik terhadap kelulusan CBT-UKMPPD dengan nilai p=0.071 (p<0.05). 3.8% responden memiliki IPK profesi dengan kategori istimewa dan 96.2% lainnya sangat memuaskan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan bermakna antara IPK profesi terhadap kelulusan CBT-UKMPPD dengan nilai p=0.225 (p<0.05). Data motivasi belajar menunjukkan bahwa terdapat 26.4% responden dengan kategori motivasi sedang dan 73.6% dengan kategori tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara motivasi belajar terhadap kelulusan CBT-UKMPPD dengan nilai p=0.016 (p<0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara IPK akademik dan IPK profesi namun terdapat hubungan motivasi belajar terhadap kelulusan retaker CBT-UKMPPD Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Februari 2019.


Full Text:

PDF

References


1. PNUKMPPD. Panduan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter ( UKMPPD ). 2015.

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Panduan Penyelenggaraan Program Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Lampung; 2014.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2013. 2013;55–60.

Kementerian Riset, Teknologi dan PT. Potret Pendidikan Kedokteran di Indonesia: refleksi upaya penjaminan mutu. 2018;

Kementerian Riset, Teknologi dan PT. Potret Pendidikan Kedokteran di Indonesia dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. [Internet]. Available from: https://ristekdikti.go.id/kabar/potret-pendidikan-kedokteran-di-indonesia-dalam-menghadapi-tantangan-era-revolusi-industri-4-0/.

Putri YT. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kelulusan Ujian CBT UKMPPD FK UNILA. Putri YT, editor. 2018;2017(November 2017).

Andriani M. Studi Korelasi Antara IPK.

Daryanto. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media; 2010.

Baxter R, Hastings N, Law A, Glass EJ. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Vol. 39, Animal Genetics. 2014.

FK Abulyatama. Peraturan Akademik Profesi FK Abulyatama. Aceh Besar; 2018.

Riezky AK, Sitompul AZ, Pendidikan D, Fakultas K, Universitas K. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Universitas Abulyatama. 2017;1(2):79–86.

Yusuf M. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Unsyiah Banda Aceh. Idea Nurs J. 2013;4(3):990–3.

Brankaert R, Ouden E Den, Buchenau M, Suri JF, de Valk L, Bekker T, et al. Experiential Probes: probing for emerging behavior patterns in everyday life. Int J Des [Internet]. 2009;9(1):2880–8. Available from: http://www.nytimes.com/2008/05/25/us/25aging.html?_r=0%0Ahttp://portal.acm.org/citation.cfm?doid=1541948.1541999%0Ahttp://www.tandfonline.com/loi/ceer20%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/13504620802148881%0Ahttp://www.tandfonline.com/%0Ahttp://www.tandfonline.c

Sastroasmoro. Dasar-Dasar Metodelogi Peneliian. Jakarta: Sagung Seto; 2014.

Prof. Dr. A. Muri Yusuf. M.Pd. Metode Penelitain Kuantitatif, kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana; 2015.

Febrianti W. Hubungan IPK Sarjana dan Profesi dengan Nilai CBT , OSCE , dan Hasil UKMPPD Di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Periode Mei dan Februari 2017. 2017;5.

Kasus S, Teknologi F, Nasional IT. Usulan Peningkatan Prestasi Akademik Berdasarkan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. 2014;02(04):189–200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Aceh Medika oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/acehmedika.