PENGOLAHAN LIMBAH FESES KERBAU SEBAGAI PUPUK BOKASHI SERTA APLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea Reptans. Poir)

Sari Wardani, Rainal Rais

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jenis pupuk bokashi feses kerbau terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat. Penelitian dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama. Penelitian terdiri dari proses pembuatan pupuk bokashi dan aplikasinya sebagai media tanam kangkung darat. Metode penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) sederhana. Perlakuan percobaan terdiri dari P1 pupuk kandang dan P2 pupuk bokashi feses kerbau, setiap perlakuan diulang tiga kali. Mikroorganisme dekomposer yang digunakan dalam proses pembuatan pupuk bokashi feses kerbau adalah EM4. Parameter yang dipelajari yaitu jumlah daun dan tinggi batang tanaman kangkung. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan kangkung darat menggunakan media tanam feses kerbau menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu jumlah daun sebanyak 18 helai dengan tinggi batang 26 cm sedangkan pertumbuhan kangkung darat menggunakan media tanam  pupuk kandang menghasilkan daun sebanyak 14 helai dengan tinggi batang 21 cm pada massa tanam 35 hari.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.3061/unayaded.v4i2.1410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
AGRIFLORA oleh http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/agriflora disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

@ Agriflora 

Published by center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama