Analisis Persepsi Siswa Berdasarkan Gender Terhadap Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas

Syarifah Farissi Hamama, Syarifah Fadiya Hallaby, Santi Ramona

Abstract


The aims of this research was to determine the differences between female and male students’ perception toward Biology subject in classroom environment. This research was conducted at SMAN 4 Banda Aceh, with a total sample of 103 students. A Krejcie-Morgan table was used as the sampling technique. Students’ perception was collected by using “What is Happening in this Class (WIHIC)” questioner which has been translated into Indonesian. Collected data was analysed by the Independent T-Test. The results showed that the only differences perception betwen male and female students on actual classroom environtment was on teacher support (0,65). However, male and female students perception on the expected situation in classroom environment were differ on most aspect, except on student involvement (-0,17).

Full Text:

PDF

References


Atunasikha, L. (2010). Hubungan keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa laki-laki dan perempuan kelas IV SD N Penanggungan Malang pada pembelajaran Sains dengan strategi pembelajaran pbmp dan think pair share (tps). Jurnal skripsi jurusan Biologi FMIPA-UM.

Devamelodka. (2012). Pengaruh Lingkungan Sekolah, eran Guru dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Samarinda.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hallaby, S. F. dan Hamama, S. F. (2017). What is Happening in This Class? : Kajian Psikososial Situasi di dalam Kelas melalui Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Al Muslim. 5(2), 77-80.

Hidayat, R. (2011). Studi tentang Perbandingan Prestasi Akademik Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMA 12 Bekasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(4), 475-476.

Nurhayati, R. P. (2014). Pengaruh Lingkungan Belajar Dikelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK, Bina Mandiri, Indonesia Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis & Ekonomi. 1(1), 2-4.

Purwanto, N. (2007). Psikologi pendidikan dengan pendekatan Baru Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ristianti. (2008). Hubungan antara dukungan sosial dengann identitas diri pada remaja di SMA pusata 1 Jakarta. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 4 (5) 54-61.

Setiawan. N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Sloving dan Tabel Krejcie-Morgan. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wayan. S. (2012). Peranan wanita dalam pembangunan berwawasan gender. Jurnal Studi Gender Srikandi. 3(1). 4-6.

Yuniarti, R.D. (2014). Pengaruh Sikap dan Gender Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa SMP N Kelas VII di Kecamatan Sleman Yogyakarta 2013/2014. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.