PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK

Wirda Wirda, Rina Sulicha, Hayati Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen dengan The Randomized Pre-test Post-test, Control Group Design yang dilaksanakan  pada  SMP Negeri 1 Gandapura, semester genap Tahun Akademik 2014/2015. Pada siswa kelas VIII (delapan) yang terdiri dari kelas eksperimen 25 siswa dan kelas kontrol 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir untuk keterampilan proses sains, lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses belajar mengajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji t terhadap N-Gain kedua kelas menunjukkan nilai 0,00<0,05 yang artinya terjadi perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. N-Gain tertinggi keterampilan proses sains setiap indikator kelas eksperimen 0,63 pada indikator mengklasifikasi individual/kelompok dan terendah 0,24 pada menerapkan konsep. N-Gain tertinggi pada kelas kontrol 2,88 pada mengklasifikasi sedangkan N-Gain terendah 0,13 pada indikator berkomonikasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning  dapat meningkatkan keterampilan proses sains belajar siswa.

Keywords


Problem Based Learning , Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Desy, H.P., dan Sutarno, M. (2012). Model Kegiatan Laboratorium Berbasis Problem Solving pada Pembelajaran Gelombang dan Optik untuk Meningkatkan Keterampilan proses Sain Mahasiswa. Jurnal Exacta 10, (2), 148-155.

Hancer dan Yilmaz. (2007). “The Effects of Characteristics of Adolescence on The Science Process Skills of The Child”. Journal of Applied Sciences. 7, (23).

Harini, T. (2005). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Biologi SMP. Tesis SPs UPI Bandung:

Inel, D dan Balim A. 2010. “The Effect of Using Problem-Based Learning in Science and Technology Teaching upon Students’ Academic Achievement and Levels of Structuring Concepts”. Asia Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 11(2), Articlel.

Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Sudijono, (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v5i2.2011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.