MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA SISWA SMP

Mega Irhamna, Theresiana Lukiana

Abstract


Banyaknya  siswa yang yang tidak dapat memahami persamaan garis lurus dengan baik  dan benar. Dalam evaluasi banyak nilai siswa yang dibawah KKM. Siswa terkesan kurang bergairah dan tidak siap mengikuti pelajaran pada persamaan garis lurus, sehingga suasana kelas menjadi pasif dan tidak variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Open–Ended  dalam meningkatkan hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas IX-8 semester genap SMP Negeri 2 kecamatan Deli Tua. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IX-8 semester genap SMP Negeri 2 Deli Tua. Sedangkan obyeknya adalah Pendekatan Open–Ended. Dari penelitian yang dilakukan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa dalam menguasai materi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa pada materi ini nilai rata-rata hanya 65,50 sedangkan pada siklus 2 dengan menerapkan strategi pembelajaran Pendekatan Open–Ended   meningkat pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 87,89.

Keywords


Prestasi Belajar, Pendekatan, Open-ended

Full Text:

PDF

References


Affandi, A. et al. (2013). Pendekatan Open-ended dan Inkuiri Terbimbing ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan represntasi Multipel matematis. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-11.

Hancock, C. L. (1995). Enhancing Mathematics Learning with Open-ended Qieations. Assesment Standard for School Mathematics. 86(9).

Hidayanto, E. & Khalisti, R. A. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIIA di SMP Negeri Batu pada Materi Segiempat. Jurnal-online.um.ac.id.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu dan Paragigmatis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nohda. (2012). Menjelajah Pembelajaran Inovatif Matematis. Yogyakarta: Bina Nusantara.

Novtiar, C. & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SM Melalui Pendekatan Open-ended. Jurnal Prisma Universitas Suryakanca.6(2).

Ruseffendi. (1998). Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.