Analisis Kesulitan yang Dihadapi Mahasiswa FKIP Biologi Universitas Abulyatama selama Pelaksanaan PPL pada Aspek Masalah Pribadi

Samsuar Samsuar, Syarifah Farissi Hamama, Syarifah Fadiya Hallaby

Abstract


This research was conducted to analyze the difficulties encountered by the prospective teacher of Biology FKIP Universitas Abulyatama during the Teaching Training Program at Personal issues. This research was a descriptive research with quantitative approach. Data collection in this study were obtained by questionnaires in the form of Likert scale. The result showed that lack of creativity was the main difficulties faced by the biology prospective teacher (67%; medium). On the other hand, being far from spouse, children and household related problems were the least encountered difficulties (28%; low) during the Teaching Training Program.

Keywords


Prospective teachers; Field Experience Program; personal problems

Full Text:

PDF

References


Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ganal, N. N., O. J. F. Andaya, dan M. R. Guiab.(2015). “Problem and Difficulties Encounterred by Student Teacher of Philipine Normal University Isabela Campus”. International Journal of Science and Engineering. 1 (9) : 63-74.

Hamalik, O.(2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hallaby, S.F. dan Hamama, S.F. (2017). “Investigasi Masalah yang Dihadapi Mahasiswa Calon Guru Selama Praktik Mengajar di Sekolah pada Program Praktik Pengalaman Lapangan: Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP Universitas Abulyatama” Semdi UNAYA. 85-94.

___________. (2018). “Problematika yang Dihadapi Mahasiswa Calon Guru FKIP Universitas Abulyatama pada Program Praktek Pengalaman Lapangan” Jurnal Pendidikan Almuslim. 6 (1), 1-5

Herdiyanto. (2009). “Hambatan Pelaksanaan (PPL) Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FBS UNNES” lingua. 5, (01), 63-71.

Ismiyanto, M. (2013). “Persepsi Mahasiswa Biologi Tentang Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS Tahun Akademik 2012/2013”. Skripsi. Surakarta: FKIP UMS.

Mudyahardjo, R. (2006). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurahima. (2011). “Penilaian Guru Pamong terhadap Mahasiswa FKIP Abulyatama dalam Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun 2010”. Skripsi. Aceh Besar: FKIP UNAYA.

Resti, A.D.F. (2015) “Analisis Kreativitas Mahasiswa dalam Penyusunan Peta Konsep Berbentuk E-Mind Map Berdasarkan Kajian Neurosains” Jurnal Pendidikan Biologi. 6, (2), 128-134.

Sari, P.D., Adi, W., Sumaryati, S. (2013). “Kendala-kendala Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa FKIP UNS di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun 2012”. Jurnal pendidikan UNS. 02, (1), 26-38.

Saleh, M. (2014). “Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus dan Aktif Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Akademik” Jurnal Phenomenon. 4, (02), 109-141.

Tim UPPPL FKIP UNAYA. (2013). Buku Pedoman Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abulyatama Aceh. Aceh Besar: FKIP UNAYA.

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Ketenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Trisna, I. (2009). “Problematika yang dihadapi Mahasiswa PPKn dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Kota Malang Semester Genap Tahun 2008/2009”. Skripsi. Malang: Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang Negoro.

Yanwati, H dan Sutama. (2017) “Pengelolaan Life Skill Di SMK Negeri 1 Purworejo”. Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.