PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPA 2 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU

Khairalina Khairalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPA 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu pada semester genap dimulai pada bulan Februari sampai dengan Maret pada tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu yaitu sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes siklus dan observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Data dalam penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa 70% dan pada siklus II 90%, mengalami peningkatan sebesar 20%. Rata-rata aktivitas guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 3,81 berada pada taraf baik dan pada siklus II sebesar 4,88, mengalami peningkatan sebesar 1,07 dari siklus I dan berada pada kategori  sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 3,19 dengan persentase nilai rata-rata sebesar 79,75% dan berada pada kategori baik. Pada siklus II nilai rata-rata yang  diperoleh adalah 3,62 dengan persentase sebesar 90,5%, mengalami peningkatan sebesar 10,75% dari siklus I dan berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2016/2017.


Keywords


Hasil Belajar Ekonomi Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. 2006: 30. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

Isjoni. (2011). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu. Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Suprijono, Agus. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryani Nunuk dan Leo Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group.

Winaputra, Udin S. (2001). Model Pembelajaran Inovatif (Cet. Ke-1). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v6i2.2781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.