KURIKULUM PROTOTIPE : FOKUS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Panji Legowo, Demylia Lady Amara, Rustam Rustam, Herman Budiyono

Abstract


Abstrak: Kurikulum prototipe secara general adalah menjadi salah satu langkah untuk mewujudkan tujuan pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Project based learning adalah model pembelajaran yang mengorganisasi kelas dalam sebuah proyek, PjBL merupakan strategi pembelajaran dimana siswa harus membangun pengetahuan konten mereka sendiri dan mendemonstrasikan pemahaman baru melalui berbagai bentuk representasi. Kemandirian siswa dalam belajar untuk menyelesaikan tugas yang dihadapinya merupakan tujuan dari PjBL. Namun kemandirian dalam belajar perlu dilatih oleh guru kepada siswa agar terbiasa dalam belajar bila menggunakan PjBL. Siswa SD maupun SMP masih perlu dibimbing dalam menyelesaikan tugas proyek bahkan siswa SMA. Bimbingan guru diperlukan untuk mengarahkan siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan alur pembelajaran.agai PjBL. Karakteristik  kurikulum prototipe adalah menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila. Dalam kurikulum prototipe, sekolah diberikan keleluasaan dan kemerdekaan untuk memberikan proyek-proyek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah. Pembelajaran berbasis proyek dianggap penting untuk pengembangan karakter siswa karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman (experiential learning). “Mereka mengalami sendiri bagaimana bertoleransi, bekerja sama, saling menjaga, dan lain-lain, juga mengintegrasikan kompetensi esensial dari berbagai disiplin ilmu,.Asdanya pembelajaran berbasis proyek secsra langsung  memberikan peran penting dalam kurikulum prototype

 

 Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian  observasi dan wawancsrsa dengan metode deskriptif. Dengan berbantuan literature terkait, diantaranya dari obdervasi, wawancara guru selain itu juga didukung oleh  artikel, web, steaming youtube terkait dengan topik yang dibahas. Teknik analisis data yang digunakan mengambil dari teknik analisis data Sugiyono (2015). Diantaranya pengumpulan data terkait dengan topik-topik yang serupa dengan artikel ini, data yang terkumpul kemudian di reduksi untuk menghasilkan data-data yang sejalan dengan pertanyaan penelitian, kemudian data disajikan (display data), selanjutnya data yang sudah disajikan maka dapat ditarik kesimpulan. Tujuan  penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendasar  Kurikulum Prototipe yang menfokuakan pembelajaran berbasis proyek  dan karakteristk kurikulum prototype yang sekarang sedang digadang ­­– gadang  dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan  materi pembelajaran  bahasa Indonesia di SMA.

Kata kunci : Kurikulum Prototipe, Projek Based Learning



Full Text:

PDF

References


Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Arsika. I Made, Kadek. H., Maharta. Made, dkk. (2016). Buku Pedoman Problem Based Learning(PBL) . Universitas Udayana : Denpasar Bali.

Endri. Triwiyono, Sofyan, Herminanto. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum. UNY Press : Karamalang Yogyakarta.

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82-88.

Fajar, R. M., Mulyono, H., & Adi, F. P. (2021). Identifikasi Nilai Karakter Motif Batik Ngawi Berbasis Budaya Lokal sebagai Muatan Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 571-580.

Kholisdinuka, A. (2020). “Lebih Dari Guru Biasa, Guru Penggerak Kemendikbud Bakal Punya Tugas Ini.” 26 Agustus 2022. tersedia: https://news.detik.com

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thomas, J. W. 2000. A review of research on PBLhttp://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL Research.pdf (accessed February 2




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i1.3164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.