PRESTASI BELAJAR SISWA SD KELAS I BERBAHASA PERTAMA BAHASA ACEH DI SD KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA

Safriandi Safriandi, Rani Ardesi Pratiwi, Maulidawati Maulidawati, Iklima Iklima, Sultan Abdul Qawi

Abstract


Banyak orang tua yang bahasa pertama mereka adalah bahasa Aceh berkomunikasi dengan anaknya menggunakan bahasa Indonesia dan mengabaikan bahasa Aceh karena mereka khawatir anaknya akan kesulitan memahami materi pelajaran di sekolah yang disampaikan dalam bahasa Indonesia sehingga prestasi mereka menurun. Atas dasar itu, hal yang sangat urgen dilakukan kajian lebih lanjut tentang pengaruh prestasi belajar siswa berbahasa pertama bahasa Indonesia dan siswa berbahasa pertama bahasa Aceh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar bahasa Indonesia antara siswa berbahasa pertama bahasa Indonesia dan siswa berbahasa pertama bahasa Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SD Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Populasi penelitian ini adalah siswa SD kelas I berbahasa pertama Bahasa Aceh di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Sampel penelitian ini sesuai dengan konsep purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis berpedoman pada alur kegiatan analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah siswa SD kelas I berbahasa pertama bahasa Aceh memiliki prestasi belajar di sekolah.

Keywords


prestasi belajar; siswa; bahasa pertama; bahasa Aceh

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daud, B. & Durie, M. (2002). Kamus Basa Aceh. Banda Aceh: Australia Pacific Linguistics Research School of Pacific and Asian Studies.

Fitriani, N. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah terhadap Prestasi Belajar dalam Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 04 Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pahlawan, Vol. 17(2), 34–42. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/49/122

Ismawirna, Erfinawati, & Rizka, R. (2020). Kata Sapaan Bahasa Aceh Dialek Aceh Besar (Tinjauan Sosiolinguistik). Jurnal Kande, Vol. 1(1), 33–43. https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3408

Maesarah, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No. 1, November 2013.

Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadi. (2010). Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurlaila, M. (2016) Pengaruh Bahasa Daerah Ciacia terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia 2 sampai 6 Tahun di Desa Holimombo Jaya. Jurnal Retorika, Vol. 9, Nomor 2, Agustus 2016.

Riana, R. & Setiadi, S. (2015). Pengaruh Sikap Berbahasa terhadap Penerapan Bahasa Indonesia dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Jurnal Dinami Sosbud, Vol. 17, No. 2, Juni 2015.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Perkasa.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono & Partana, P. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. XIII, No. 2, Februari 2013.

Tondo, F. H. (2009). Kepunahan Bahasa-Bahasa Daerah: Faktor Penyebab dan Implikasi Etnolinguistis. JurnalMasyarakat dan Budaya, Vol. 11, No. 2.

Usman, H. (2011). Pengantar Statistika (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Wildan. (2010). Tata Bahasa Aceh. Geuci: Banda Aceh.

Winarti, S. (2015). Sikap Bahasa Masyarakat di Wilayah NTT (Penelitian Sikap Bahasa pada Desa Silawan, Provinsi Nusa Tenggara Timur). Jurnal Metalingua, Vol. 13, No. 2, Desember 2015.

Witari, N. M. S., et al. (2017). Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia antara Siswa yang Menggunakan Bahasa Indonesia dan Siswa yang Menggunakan Bahasa Bali di Lingkungan Keluarga (Studi Kasus Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Lab Undiksha Tahun Ajaran 2016/2017). e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 7, No. 2, Tahun 2017.

Zahraini, Harliyana, I., & Rahayu, R. (2021). Korelasi Minat Baca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Kande, Vol. 2(1), 163–172. https://doi.org/10.29103/jk.v2i1.4688




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i1.3424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.