PEMBELAJARAN KITAB KUNING SUMBER PENGETAHUAN MUSLIM SEJATI : STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI DAYAH AL-MADINATUDDINIYAH BABUSSALAM BLANG BLADEH KABUPATEN BIREUEN

Tuti Rahmi, Abubakar Abubakar, Mujiburrahman Mujiburrahman, M. Chalis, Zainuddin Zainuddin, Maksalmina Maksalmina, Ilyas Ilyas, Nora Fitria, Fithri Angelia Permana

Abstract


Abstrak : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajarn kitab kuning sebagai sumber pengetahuan para santri Di Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh Kabupaten Bireuen. Sampel dalam penelitian ini para guru dan  Murid Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam. Sebagai informan akan ditentukan beberapa diantaranya dengan pendekatan purposive sampling. Alat pengumpulan data adalah wawancara, obesrvasi dan dokumentasi. Analisis data dengan mengunakan pendekatan dekriptif sehingga data yang terkumpul dianalisis sesuai tujuan penelitian dan dideskripsikan menjadi berabagai pernyataan yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan dayah merupakan institusi pendidikan tertua di Aceh dalam penyebaran agama Islam.  Pendidikan dayah memiliki karakteristik: penekanan pencarian ilmu pengetahuan, penguasaan dan pengembangan atas dasar ibadah kepada Allah, memiliki pengakuan akan potensi dan kemampuan seseorang pelajar untuk berkembang dalam suatu kepribadian, pengetahuan bukan hanya untuk diketahui dan dikembangkan, melainkan sekaligus dipraktekkan dalam kehidupan. Metode pembelajaran yang berlaku pada pendidikan dayah adalah berbentuk talaqqi dan bersanad. Salah satu kelebihannya adalah ilmu yang diperoleh pada pendidikan dayah lebih barakah disebabkan oleh pelaku-pelakunya itu adalah orang-orang yang tulus dan ikhlas serta selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Katakunci : Kitab kuning, muslim, pasantren

Abstract : This study aims to find out how to learn the yellow book as a source of knowledge for students at Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh, Bireuen Regency, Samples As informants, several teachers and administrators will be determined using a purposive sampling approach. Samples As informants, several teachers and administrators will be determined using a purposive sampling approach. Data collection tools are interviews, observations and documentation. Data analysis uses a descriptive approach so that the collected data is analyzed according to the research objectives and is described into various meaningful statements. The results showed that Islamic boarding schools were the oldest educational institutions in Aceh in spreading Islam. Dayah education has characteristics, emphasizing the search for knowledge, mastery and development on the basis of worship to Allah, having recognition of the potential and ability of a student to develop in a personality, knowledge is not only to be known and developed, but also to be practiced in life. The learning method that applies to dayah education is in the form of talaqqi and bersanad. One of the advantages is that the knowledge gained in dayah education is more blessed because the perpetrators are sincere and sincere and always draw closer to Allah.

Keywords : The yellow book, Muslim, Islamic boarding school


Keywords


kitab kuning, pembelajaran, Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M.A.K. (1979) Thuruq at-Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah, Cet 1 (Kairo: Dar asy-Syabab li-Thaba’ah, hlm. 191

Amiruddin, M.H. (2008) Menatap Masa Depan Dayah di Aceh. Banda Aceh: Yayasan Pena, h. 15.

Amiruddin, M.H. (2013) Dayah 2050: Menatap Masa Depan Dayah di Era Transformasi Ilmu dan Gerakan Keagamaan. Yogyakarta: Hexagon.

Asra, (2008 ) Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima, h. 91-96

Dholfier, Z. (1982) Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, h. 50.

Fathurrahman, P. & Sutikno, M.S. (2011). Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Sditama.

Fathurrohman, M. S. S. (2009) Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama, h. 15.

Hadi, A. (2010) Konsep Pendidikan al-Fârâbî dan Ibn Sînâ. Jurnal Ilmiah Sintesa, Vol. 9. No. 2, Januari 2010, h. 14.

Haspy, M.B. (1987) Appresiasi terhadap Tradisi Dayah: Suatu Tinjauan terhadap Tata Krama dan Kehidupan Dayah, (Banda Aceh: Panitia Seminar Appresiasi Pesantren di Aceh Persatuan Dayah Inshafuddin,1987),h.7

Ismail (2009) Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: LSIS dan RASAIL Media Group, h. 7.

Karim, M.R. (1991) Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya

Madhur, A.A. (2019) Tadris Fonuun al Lughah al Arabiyah. (Riyadh: darul Shawaf.1991). hlm.338

Madjid, N. (1997) Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, hal. 59

Maklub, L. (2010) Al-Munjid. Percetakan Katolik, Beirut, h.320

Mastuhu, (1994) Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, h. 6.

Menanti, A., et al., (2012) Membangun Budaya Akademik di Universitas Negeri Medan. Medan: Unimed, 2012.

Nuha, U. (2012) Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press, hlm.158

Sulaiman, I. (2010), Masa Depan Pesantren: Eksistensi Pesantren di Tengah Gelombang Modernisasi. Malang: Madani.

Sumiati & Asra, (2008) Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima, h. 91

Sutikno, S. (2009) http://hipni.blogspot.com/2011/09/pengertian-definisi-metode-pembelajaran. html (Diakses 25 Pebruari 2014). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Semarang: LSIS dan RASAIL Media Group, h. 8.

Turmudi, E. (2011). Perseligkuhan Kyai dan Kekuasaan. (Yogyakarta: Lkis. 2004), hlm..36 10 Ahmad Barizi. Pendidikan Intregratif: Akar Tradisi & Intregasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press, hlm. 62

Wahab, M.A. (2008) Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta:UIN Jakarta Press, hlm. 179

Yayasan Pembina Darussalam (1996), 10 Tahun Darussalam dan Hari Pendidikan Propinsi Daerah Istimewa Aceh, h.320

Yusuf, T. (1994) Model Pendidikan Islam Era Modernisasi: Suatu Kajian Teoritis dan Historis, Pidato Pengukuhan Guru Besar IPI pada IAIN Imam Bonjol Padang, h. 19-23.




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i1.3491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.