Identifikasi Keinginan Bersekolah

El Basthoh, Reni Nastuti, Merry Thressia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keinginan bersekolah atau melanjutkan pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman meliputi keinginan diri sendiri dan orang tua kepada anaknya untuk bersekolah atau melanjutkan pendidikan serta alasan yang menjadi kendala untuk bersekolah atau melanjutkan pendidikan.. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 626 orang yang tersebar di Kabupaten Padang Pariaman. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket wawancara terpimpin yang kemudian dianalisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa anak merasa kurangnya dukungan dari orang tua untuk bersekolah ataupun melanjutkan pendidikan dimana kategori terbesar berada di dukungan sedang (34,10%) dan masih adanya orang tua yang tidak mendukung (10,34%) maupun rendahnya dukungan yang diberikan (3,45). Keinginan diri sendiri juga terlihat adanya yang tidak memiliki keinginan (9,11%) dan rendahnya keinginan (4,45%) namun pada keinginan diri sendiri kategori terbanyak berada pada keingann yang tinggi (33,20%) dalam bersekolah. Dua alasan tertinggi yang mengurangi keinginan untuk bersekolah atau melanjutkan pendidikan adalah kurangnya biaya dan bekerja.

Keywords


school, continuing education, achievement

Full Text:

PDF

References


Indonesia, P. (2016). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Indonesia, P. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021. Jakarta: Pemerintah Pusat.

Lutfi, P. (2018). Pengaruh Latar Belakang Orang Tua Dan Motivasi Anak Terhadap Keputusan Anak untuk Mengambil Pendidikan Lanjutan Bagi Siswa SMA di Kabupaten Seluma. Jurnal An-Nizom, 3(3), 2.

Moleong, L. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, D. &. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Pariaman, B. P. (2021, September). Retrieved from https://padangpariamankab.bps.go.id/subject/26/indeks-pembangunan-manusia.html#subjekViewTab3

Pariaman, B. P. (2021). Harapan Lama Sekolah. Retrieved September 2021, from https://padangpariamankab.bps.go.id/indicator/26/161/1/harapan-lama-sekolah.html

Pariaman, B. P. (2021). Rata-Rata Lama Sekolah. Retrieved September 2021, from https://padangpariamankab.bps.go.id/indicator/26/185/1/rata-rata-lama-sekolah.html

Pariaman, B. P. (n.d.). Pendidikan. Retrieved September 2021, from https://padangpariamankab.bps.go.id/subject/28/pendidikan.html#subjekViewTab3

Raco, J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Siswanti, R. (2021). Pandangan Orang Tua terhadap Pendidikan Anak di Desa Handil Sohor Kotawaringin Timur. Palangka Raya: Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i1.3546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.