PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS PADA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH/AISYIYAH DI BANDA ACEH)

Ani Darliani, Wirda Wirda, Erly Mauvizar

Abstract


Kewirausahaan adalah mata kuliah yang diajarkan apda Prodi D3 Teknologi Elektromedis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Aceh yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi dalam lingkup Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah.  Kewirausahaan adalah akronim akronim dari kreatif, energi, wawasan luas, inovatif, rencana bisnis dan negosiatif.  Kewirausahaan mengajarkan cara berfikir secara kreatif, inovatif dan positif untuk lebih proaktif sehingga dapat mendorong keingintahuan untuk mengambil resiko dalam melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan yang akan membawa nilai tambah serta keuntungan yang lebih besar. Kewirausahaan bukan hanya proses menciptakan usaha tetapi juga menciptakan sesuatu baru dan berbeda. Pendidikan kewirausahaan adalah bagian dari proses belajar pada lembaga formal, yang diharapkan mampu untuk membangkitkan semangat berwirausaha dengan cara cara yang kreatif. Industri kreatif saat ini menjadi perhatian besar pemerintah untuk sektor ekonomi yang akan mewujudkan nilai tambah kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Ekonomi kreatif merupakan perwujudan dari nilai tambah intektual yang bersumber dari kreatifitas mannusia berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangkan ekonomi kreatif harus ada kerja keras dari berbagai sektor dan adanya sinergisasi dari antara pusat dan pemerintah daerah.


Keywords


Entrepreneurship, Interest, Educatiaon, Creative Economy

Full Text:

PDF

References


Alfiyan, A. R., Qomaruddin, M., & Alamsyag, D. P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 175–181.

Dhira, B. N., Alexandro, R., & Putri, W. U. (2021). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edunomics Journal, 2(2), 81–86.

Firdausi, M. C. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063

Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Rasul, D., (2013) Kewirausahaan dalam Belajar Aktif di SMK Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbud.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sutrisni, & Piliang, R. A. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Model Make A Match pada Siswa SMP. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 563–570.




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i1.3548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.