PENGEMBANGAN MODUL AJAR PRAKTEK BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH PRAKTEK ELEKTRONIKA TERAPAN DI STIKES MUHAMMADIYAH ACEH

Khairoel Khairoel, Wirda Wirda

Abstract


Mata Kuliah Elektronika Terapan merupakan mata kuliah penunjang kompetensi inti. Oleh karena itu kemampuan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran mata kuliah ini sangat diharapkan agar saat mempelajari mata kuliah kompetensi inti di bidang peralatan kesehatan dapat tercapai secara optimal. Kemampuan dan pengetahuan tentang elektronika terapan dapat diperoleh dengan tersedianya modul ajar praktek yang teruji secara validitas dan tepat sasaran. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kompetensi dan motivasi mahasiswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) di Mata Kuliah Elektronika Terapan, maka dikembangkanlah modul ajar praktek berbasis proyek. Penelitian ini bersifat research and development serta diuji secara validitas dan tanggapan peserta didik untuk mengukur kelayakan pengembangan modul ajar ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul praktek ini layak untuk dikembangkan dan membantu mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Praktek Elektronika Terapan.


Keywords


applied electronics, module, project, validation

Full Text:

PDF

References


Badriah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Dedikasi Pendidikan. 4(2), 463–472.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta :Bumi Aksara.

Herdianti, S., & Ismayati, E. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Control Motor 3 Fasa Menggunakan Variabel Speed Control Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk Kal-1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 8(3), 404-411

Juntunen, M., & Aksela, M. (2013). Life-Cycle Thinking in Inquiry-Based Sustainability Education – Effects on Students ’ Attitudes towards Chemistry and Environmental Literacy. Center for Educational Policy Studies (CEPS) Journal 3(2), 157–180.

Latuconsina, A. C. (2008). Pembelajaran berbasis fitrah (N. Susanti (ed.); 2nd ed.). Balai Pustaka.

Liu, X. (2016). Motivation Management of Project-Based Learning for Business English Adult Learners. International Journal of Higher Education, 5(3), 137–145. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p137

Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Deskripsi Efektivitas Kegiatan Praktikum Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 51–60. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1476

Silberman, M.L. (2014). Active learning : 101 cara belajar siswa aktif (11th ed.). Bandung; Nuansa Cendekia.

Tegeh, I.M. & Kirna, I,M. (1829). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal IKA, 11(1).12-26

Tseng, C.-C. (2013). Connecting Self-Directed Learning With Entrepreneurial Learning To Entrepreneurial Performance. International Journal of Entrepreneurial Behavior and Research. 19(4).426-446

Zein, S. B. D. dan A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta..




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i1.3549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.