ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Zamzami Zamzami, Sakdiah Sakdiah, Nurbaiza Nurbaiza

Abstract


Setiap kegiatan yang dilakukan tidak bebas dari kesulitan, demikian juga dalam kegiatan belajar siswa. Kegiatan belajar siswa termasuk mata pelajaran biologi ditemui juga kesulitan, terutama di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Berkenaan dengan hal itu telah dilakukan penelitian dengan judul analisis faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui  faktor penyebab dan faktor yang mendominasi kesulitan belajar pada mata       pelajaran biologi siswa kelas X SMA N 1 Krueng Barona Jaya. Populasi dan sampel penelitian seluruh siswa kelas X MIA 1 dan MIA 2 berjumlah 59 orang (total sampel/penelitan populasi). Metode yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen penelitiannya angket. Penelitian didesain satu kali tanpa pengulangan. Data dianalisis dengan teknik skala Guttman dan teknik persentase (%).Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya mengalami kesulitan dalam belajar mata pelajaran biologi, faktor penyebab kesulitan belajar terdiri atas faktor alat pelajaran, faktor metode/strategi mengajar guru, faktor lingkungan sekolah, faktor orang tua, faktor  motivasi, faktor intelegensi, faktor media pembelajaran, faktor kesehatan, faktor minat, dan faktor perhatian siswa, dan faktor dominan penyebab kesulitan belajar terdiri atas faktor alat pelajaran, metode/strategi mengajar guru, lingkungan sekolah, dan orang tua

Keywords


Kesulitan belajar siswa; mata pelajaran biologi.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Amri dan Jafar, J. (2016). “Analisis Kesulitan Mahasiswa Menghafal Nama-Nama Latin di Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Biotek. 4, (2).

Ardiansyah, M. (2016). Analisis Kesulitan Belajar pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia di MAN 4 Medan T.P 2016/2017. Skripsi : Universitas Negeri Medan.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

¬¬Asrori, M. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Ayu, R.J., Widiyanto., dan Sakitri, W. (2018). “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ekonomi Pada siswa SMA Negeri 1 Ngemblak”. Economic Education Analysis Journal.3. (1).

Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, I. S., Sunariyati, S. dan Neneng, L.(2013). “Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya”. Edusains. 2, (1), 14-23.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

_________. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka.

Harahap, F. D. S. Dan Yusuf-Nasution, M. (2017). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Virus Di Kelas Mipa SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Jurnal pelita pendidikan. 6, (2), 72.

Idris, R. (2009). “Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif”. Lentera Pendidikan. 12. (8).

Inayah, N. (2011). “Pengembangan Media Animasi Interaktif Berbahasa Inggri Dan BerbasisE-game pada Materi Pokok Sintesis Protein”. Skripsi. Surabya: UNESA.

Irham, M. Dan Wiyani N. A. (2016). Psikologi pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Khafid, M. (2007). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Akuntansi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 2. (1).

_________. (2008). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntasi : Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervenning”. Lembaran Ilmu Kependidikan. 37. (1)

Marisda (2009). “Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 11 Pekan Baru’. Skripsi. FKIP UIR.

Popi, M. Lestari, R. dan Karno, R. (2015). “Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Tumbhan Kelas X Di SMAN Rambah Hilir Tahun Pembelajaran 2014/2015”. Jurnal Wahana Inovasi. 5, (2).

Rahani, A. (2004). Pengelolaan pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rahayu, S. (2015). “Idenfikasi kesulitan Belajar Siswa Kelas X dan XI Mia Pada Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh BesarI”. Skripsi: Universitas Abulyatama.

Rusgiarti, S. (2014). “Studi Kasus Tentang Belajar Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Pontianak”. Jurnal Edukasi. 1, (1).

Sianturi, S. dan Gultom, T. (2016). “Analisis Kesulitan Belajar dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/2016”. Jurnal pelita pendidikan. 4, (1), 171.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Surbakti, J. dan Asiati-Napitupulu, M. (2016). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Invetebrata Di Kelas X SMA Se-kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Jurnal pelita pendidikan. 5, (2), 66.

Supartini, E. (2001). “Diagnostik kesulitan belajar dan pengajaran remedial”. Yogjakarta: Penerbit Javalitera.

Suwardi, D. R. (2012). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntasi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Bae Kudus”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 1. (2).

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

_______. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdaya karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.