PERAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH

Adilah dila Shobariyah, Khodijah Eci Rezhi, Yulifar Leli Leli

Abstract


Pendidikan di sekolah sesuai pedoman dari pemerintah yaitu kemendikbud, membuat pedoman pendidikan berupa kurikulum yang berisi kebijakan dengan tujuan agar pendidikan berhasil. Khususnya dalam kurikum 2013 yang menjadi pokok utama pencapainnya yaitu pembentukan karakter peserta didik, diperlukan sebagai bekal kehidupannya. Sangatlah dibutuhkan karakter yang baik agar tidak menjadikan beban bagi pendidikan di sekolah, orang tua, masyarakat dan bangsa, yang mana anak semakin tumbuh besar dan dihadapkan kepada persaingan dalam berbagai aspek tidak hanya cakupannya wilayah tetapi negara bahkan dunia. Metode yang digunakan dalam studi ini metode penelitian studi literatur, yaitu sumbernya dari berbagai karya tulis artikel yang ada kaitannya dengan tema pembahasan. Hasil Pembahasan bahwa kurikulum 2013 memiliki peran pembentukan karakter peserta didik, sehingga tercipta masyarakat berbudaya. Penerapan kurikulum perlu kerja sama agar mencapai tujuan pendidikan, dalam prosesya pembentukan nilai karakter peserta didik peran dari guru kreatif dengan metode belajar yang mengarah kepada nilai karakter. Khususnya dalam pembelajaran sejarah, membentuk karakter kebangsaan. Dapat disimpulkan bahwa peran ksurikulum 2013 dalam pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran sejarah, kontribusi nilai karakter dintegrasikan dengan kurikulum 2013. Guru berperan dalam proses perkembangan karakter peserta didik, agar tujuan bangsa tercapai yaitu memiliki generasi yang berkarakter.


Keywords


Kurikulum 2013, Karakter, Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Dewanto, R., Ramadhan, A. R., Firdaus, F. F., Mozrapa, E. S., & Hidayat, T. (2023). Menumbuhkan Sikap Karakter Kebangsaan Melalui Pendidikan Sejarah pada Era Disrupsi Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 343. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1307

Faidin, N. (2019). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Palibelo. Prosiding Seminar Nasional TPascasarjana UNNES, 207–212. http://semnas.tsb.ac.id/index.php/semnastsb2019/article/view/91%0Ahttps://semnas.tsb.ac.id/index.php/semnastsb2019/article/download/91/54

Firmansyah, H. (2023). Proses Perubahan Kurikulum K-13 Menjadi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1230–1240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4910

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.

Kaimuddin, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.7

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.

Magdalena, I., Maula, N. H., Amelia, S. A., & Ismawati, A. (2020). Evaluasi Penerapan Pembelajaran K13 di Sekolah Dasar Dharmawati Arief Tangerang. Manazhim, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.596

Masang, A. (2021). Hakikat Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 1(1). https://doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9792

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia antara Keinginan dan Realita. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2(2), 233–245.

Omeri, N. (2015). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Purni, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Yang Berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 190–197. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24723

Rahmatul Adla, S., Rahmatul Adla Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S., Jambi Siti Tiara Maulia Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, U., Jambi Alamat, U., Jambi -Muara Bulian NoKM, J., Darat, M., Jambi Luar Kota, K., Muaro Jambi, K., & Korespondensi Penulis, J. (2023). Transisi Kurikulum K13 Dengan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil




DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i2.4664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



sintagoogle-scholaronesearchgarudaPKPcrossref 

Creative Commons License
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.