PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATIKA TERHDAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gajah Mada Motif Sekar Jagad Tulungagung. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 14(1), 101–112. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294
Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaan matematika abad-21. Jurnal Unnes.
Arlieza, R., Supriadi, N., & Dinda P, D. (2020). Aktivitas etnomatematika pada adat dan budaya masyarakat Lampung di Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat. Prosiding Seminar …, 63–68. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/71%0Ahttps://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/viewFile/71/59
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian, Suatu pendekatan dan praktek. Jakata: PT Rineka Cipta
Choirudin, C., Ningsih, E. F., Anwar, M. S., Sari, I. R., & Amalia, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Etnomatematika Pada Situs Purbakala Pugung Raharjo. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i1.3755
Fajrina, U. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi. www.aging-us.com
Freudenthal, H. (2006). Revisiting mathematics education: China lectures (Vol. 9).
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Latifa, H. D., & Fauzan, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10.
Novegitasari, Y., Dwijanto, & Asih, T. S. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbantuan E-Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 642–648.
Nurjannah, N., Nurhaliza, N., Irmawati, E., & Ismunandar, A. A. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatika Di Taman Purbakala Batu Pake Gojeng Kabupaten sinjai. mega: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 62–74. e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mega mega.jpmat@unmuhkupang.ac.id
Rafiah, H., Agustina, R. L., Arifin, J., & Kasmilawati, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika di Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 103–109.
Rahayu, R. D. (2021). Pengembangan Pendidikan Nasional Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.31602/jt.v3i1.5095
Saliman. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Ppkp.
Sumarni, Y. (2018). Matematika dalam ilmu manajemen. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 11–24.
Surat, I. M. (2018). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083
Syafruddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384
Triyono. 2020. diakses tanggal: 25 Mai 2023. https://www.haidunia.com/pengertian-pembelajaran-matematika/
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.4986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.