MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: SUATU STUDI EVALUATIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achsin, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 696–704.
Afandi, A. (2024). Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Muhammadiyah 4 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Institut Agama Islam Pemalang (INSIP) Jawa Tengah.
Akhirudin, A., Rahman, R. A., Annas, A., & Hidayat, A. F. S. (2024). Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Language Activity: Studi Evaluatif Pembelajaran Maharah Kalam. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 70–93.
Akhyar, M., Junaidi, J., Supriadi, S., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Implementasi kepemimpinan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemanfaatan teknologi di era digital. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(6), 4234–4248.
Alka Kianda, A., Azwar, B., & Iswanto, R. (2024). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SMA Negeri 04 Kepahiang). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Assa, F., Masinambow, D. A., Supit, D., Lumapow, H. R., & Jacobus, S. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 17–22.
Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96.
Fitrisia, R., & Nurmadiah, N. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 10 Batanghari. ISLAMIKA, 6(4), 1946– 1958.
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications.
Lailiyah, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTS Salafiyah Simbang Kulon II. IAIN PEKALONGAN.
Leo Agung, S. (2012). Implementasi Model Pembelajaran IPS Terpadu (Suatu Studi Evaluatif di Smp Kota Surakarta). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(2), 145–155.
Lune, H., & Berg, B. L. (2017). Qualitative research methods for the social sciences. Pearson.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.
Patton, M. Q. (2009). Metode evaluasi kualitatif.
Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96.
Saleh, M. (2013). Strategi pembelajaran fiqh dengan problem-based learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1).
Sucipta, I. W., Candiasa, I. M., & Sudirtha, I. G. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan bentuk asesmen formatif terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(2), 168–178.
Syarifudin, M. A., & Rosyidi, M. H. (2024). Model-Model Pembelajaran Personal dan Sosial Dalam Membentuk Siswa yang Berkualitas. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(4), 299–309.
Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyudin, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pengetahuan Terbuka, 1(1), 12–20.
Waruwu, M. (2020). Studi evaluatif implementasi pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan, 20(2), 175–184.
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.5829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.