PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA DI SDI PEMANA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTsN 3 Tidore. JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 205-218.
Andini, A. R., & Qomariyah, N. (2022). Validasi E-Book tipe Flipbook materi sistem pencernaan manusia berbasis PBL untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 330-340.
Anwar, M. (2021). Manfaat serat dalam diet untuk kesehatan pencernaan. *Kesehatan Hari Ini.* https://www.kesehatanhariini.com/manfaat-serat
Aryani, Z. (2024). Peranan Motivasi dan Kreativitas dalam Membuat Karya-Karya Kreatif Media Pembelajaran Mahasiswa PGSD STKIP Widyaswara Indonesia. JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 434-439.
Aulia, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 220-234.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Budi, S., & Yanti, R. (2019). Pengaruh pola makan terhadap sistem pencernaan manusia. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 15(3), 123-134. https://doi.org/10.1234/jgk.2019.12345
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan STEM (science, technology, enggeenering and mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 11(1), 11-22.
Irawan, T. (2018). Pengaruh stres terhadap sistem pencernaan. Dalam D. H. Santoso (Ed.), Teori kesehatan dan sistem pencernaan (hlm. 101-120). Penerbit Ilmu Medis.
Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85-106.
Kusumasari, P. R., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Game Edukasi Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 172-184.
Limiansih, K., Sulistyani, N., & Melissa, M. M. (2024). Persepsi Guru SMP Terhadap Literasi Sains Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sains di Sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 786-796. Muthi, A. Z., Fadhilah, N. R., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Efektivitas penerapan media pembelajaran video dokumenter dalam pembelajaran ips pada siswa smp. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 104-116.
Mayer, R. E. (2009). Lembar multimedia pembelajaran multimedia (edisi ke-2). Cambridge.
Putra, R. A., & Sari, D. W. (2020). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 100–110. https://doi.org/10
Putri, D.N.S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis pengaruh pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374.
Rahmadani, A., Ariyanto, A., Rohmah, N. N. S., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Model ProblemBased Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127-141.
Rahmawati, F. (2020). Pengaruh kebiasaan tidur terhadap kesehatan pencernaan. Jurnal Pencernaan Sehat, 10(2), 45-58. https://www.jurnalpencernaansehat.com
Rahmawati, N. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis digital. Dalam A. Budi (Ed.), Judul Buku Tidak Dicantumkan
Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar. id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(01), 1-24.
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran IPA berbasis Socioscientific Issues (SSI). Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 107-117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Smith, J., & Brown, K. (2019). The role of artificial intelligence in education. International Journal of Educational Technology, 15(3), 45–59. https://doi.org
Subarjo, M. D. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Analisis penerapan pendekatan teori belajar konstruktivisme pada kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 313-318.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya literasi sains: Faktor penyebab dan alternatif solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153-166. https://doi.org/10.3804/jipcb.v9i1580
Sutama, M. P., Patriana, W. D., Faiziyah, N., & Novitasari, M. (2022). Desain pembelajaran berorientasi literasi numerasi sekolah dasar. Muhammadiyah University Press.
Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.
Syalsabillah, A. F. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Google Sites Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain, 1(4), 29-40.
Tari, E., Hutapea, R., & Hasiholan, R. (2020). Peran guru dalam pengembangan peserta didik di era digital. Kharisma: Jurnal Ilmiah dan Teologi, 1(1), 1-14.
Umar, U., Syamsuddin, I. P., & Abdussahid, A. (2023). Pendekatan Konstruktif dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar: Konsep Teori, Strategi, dan Model Belajar Terintegratif. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 7(1), 83-98.
Wahyu, Y., Suastra, I. W., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The effectiveness of mobile augmented reality-assisted STEM-based learning on scientific literacy and students’ achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343-356. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a
Wicaksono, A. G., Jumanto, & Oka, I. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384
Widyawati, E. R., & Sukadari, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 215- 225.
World Health Organization. (2019). Panduan kesehatan pencernaan global (Dokumen No. 456) WHO. https://www.who.int/healthdigest
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i2.6467
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.