PENGEMBANGAN VIDEO ETNOSAINS PADA MATERI SISTEM RANGKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkanminat Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdn 2 Sapekabupaten bima. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Anggara, A., Amini, F., Siregar, M., Muhammad, F., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1899–1904.
Cahyani, R., Sarwono, & Karyanto, P. (2016). Penggunaan media video untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi biosfer pada siswa kelas XI IPS MAN 2 Pontianak tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal GeoEco, 2(2), 198–207.
Cholissofie, K. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Dengan Etnosains Pada Materi Momentum Dan Impuls. In Skripsi. Universitas Jambi.
Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. 236–243.
Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2020). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2022(2), 408–423.
Lukum, A., Studi, P., Kimia, P., Universitas, F., & Gorontalo, N. (2019). Pendidikan 4 . 0 Di Era Generasi Z : Tantangan Dan Solusinya Abstrak Pendidikan di era revolusi industri 4 . 0 dipandang sebagai pengembangan tiga kompetensi besar abad ke-21 , yakni kompetensi berpikir , bertindak dan hidup di dunia. Kompetensi berpikir. Jurnal Seminar Nasional KPK, 2(1), 1–3.
Oktaviani. (2017). Motivasi Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan. Universitas Negeri Semarang.
Pertiwi dan Firdausia. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education, 02(01), 122–124.
Riezal, C., Joebagio, H., & Susanto, S. (2018). Dance Ranup Lampuan: Exploration Genius Aceh Movement and Expression Female Body Beauty Values in Culture Peumulia Jamee. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 146. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i5.298
Sari, A. N., Rahmawati, S., Rahmawati, A., & Nugraha, Y. A. (2023). Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus. 4(2), 46–52.
Setyawan, B. (2019). Metode Pembelajaran Berbasis Budaya Jawa Dalam Rangka Menyukseskan Pendidikan Multikultural Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 1–12. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n3.2019.pp1-12
Shidiq, A. . (2014). Prestasi Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 17–30.
Siswati, S. (2019). Pengembangan Soft Skills Dalam Kurikulum Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 264. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i2.6537
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.