PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
Keywords
References
Agusantia, D., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Analogi Matematis di Indonesia: Systematic Literature Review. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 222–231. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6436
Alifa, I., & Dewi, N. R. (2023). Kajian Teori : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 314–318. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/66929/23908
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Chiu, C. F. (2020). Facilitating K-12 teachers in creating apps by visual programming and project-based learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(1), 103–118. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i01.11013
Erviana Yuli, V., Sulisworo, D., Robi’in, B., & Rismawati Nur Afina, E. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Virtual Reality untuk Peningkatan HOTS Siswa. In K-Media.
Fadhlurrohman D, D., Fitriyanti, N., Nasir, F., & Matematika, P. (2020). Praktikalitas Media Interaktif Quizizz Pada Kemampuan Pemecahan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 1(1), 55–63.
Humairoh. (2023). Pengunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Islam, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30596/jippi.v1i1.1
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27
Khulud, H. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Tsaqofah Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 804–816. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2385
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. In Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).
Netriwati & Lena. (2017). Media Pembelajaran Matematika Manipulatif. Media Pembelajaran Matematika Manipulatif, 1(May), 156. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=tp9CEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=0efCyYDmTa&sig=1iRoRmPqGfPodOnrJGJHzN-Tx1g
Nugrahani, K. P. E., Purbosari, P., & Sularmi. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Quizizz. Jurnal DIKDAS BANTARA, 4(2), 150–159. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.117
Nurjannah, I., Arifin, B. S., Al-Arief, M. H. M., & Muhammad, M. (2023). Use of the Quizizz Application on Student Learning Interest at MTsN 2 Pelalawan. Jurnal Smart: Sosial Ekonomi Kerakyatan, 1(2), 56–65.
Pranoto, A., Damayanti, R., Ardiansyah, R., Kaswadi, K., & Sueb, S. (2022). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis IT. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i1.1604
Rahim, R., & Rahman, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 232–238. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.1845
Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Prima, 7, 724–730. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3023
Saad, A., & Zainudin, S. (2022). A review of Project-Based Learning (PBL) and Computational Thinking (CT) in teaching and learning. Learning and Motivation, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.lmot.2022.101802
Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills and Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108–118. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=0xmCnQAACAAJ
Syahabuddin., Kesuma., & Gultom, R. (2025). Implementasi Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran PPKN. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 9(1), 257–268. https://doi.org/https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.5671
Tiarina, I., Merya, S., Tiara, A., & Luthfi, L. (2024). Pengaruh Penerapan Model Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMAN 1 Meulaboh. JURNAL DEDIKASI PENDIDIKAN ISSN 2548-8848 (Online) Editor, 8(1), 95–104. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/4132/pdf
Yusri. (2018). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (pbl) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMPN 4 Aikmel Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 9–16. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/cob/article/view/2928
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i2.6580
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.