KORELASI DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD 1 MIJEN
Abstract
Keywords
References
Akbar, R., Sukmawati, U. S., & Katsirin, K. (2024). Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pelita Nusantara, 1(3), 430–448. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i3.350
Anwar, A., & Mardiana, M. (2022). Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 185–199. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1330
Cahyani, A., Kironoratri, L., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Papan Diagram Pada Siswa Kelas V SD. 09(8), 316–327.
Cahyani, A. M., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran LSQ Terhadap Hasil Belajar Materi Kalimat Efektif Siswa Kelas IV. As-Sabiqun, 6(5), 867–882. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i5.5303
Damanik, W. S., Purba, N. A., & Sianturi, C. L. (2022). Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD Negeri 091405 Sipintuangin Tahun Pembelajaran 2022/2023. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4703–4708. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1064
Dwijayanti, A., Ariawan, P. W., & Gunartha, I. W. (2022). Hubungan Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi, Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 218–229. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.665
Efanovia, L., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Studi Korelasi Bimbingan Orang Tua terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak di Desa Karanganyar Welahan Jepara Masa Pandemi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 739–746. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.475
Ermawati, D., Nur Anisa, R., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa, 2, 82–92.
Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Cerita Perang Obor 3d Dalam Masalah Keterampilan Menulis Pada Kelas V Sd 2 Karanggondang Pendidikan Bahasa Indonesia bertujuan meningkatkan kemampuan siswa. 06(04), 997–1011.
Fajrie, N., Pratiwi, B. S., Kironoratri, L., Purbasari, I., & Kudus, U. M. (2024). Pengaruh berkarya seni tiga dimensi terhadap kemampuan estetis siswa sekolah dasar. 5, 247–253.
Kholidah, Hidayat, Jamaludin, & Leksono. (2023). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346.
Kurniawan, A. A., Kuryanto, M. S., & Ermawati, D. (2023). Hubungan Frekuensi Bermain Game Mobile Legend terhadap Tingkat Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3624–3632. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1989
Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, 225–236.
Novita, L., & Akhsan, S. M. (2022). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal PGSD Uniga, 1(1), 17–26.
Nurfebrianti, I. P., Ermawati, D., & Setiawan, D. (2022). Analisis Sikap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3353–3357. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.835
Ridlwan Imamuddin, A., Ermawati, D., & Pratiwi, I. A. (2024). Analisis Disiplin Dalam Belajar Matematika Siswa Sd Muhammadiyah Birrul Walidain. 7(September), 108–118.
Rofiuddin, A. N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Atas Setingkat. 3(1), 110–125.
Sujarwo, T. N., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sidomulyo 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 3203–3209. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8596/3302
Sustriyani. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–6. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/educouns/article/view/98
Tyas, Y. C., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Kata. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4790
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i2.6651
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.