RELEVANSI NEURO-LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) TERHADAP POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Keywords
References
Arti kata komunikasi—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (t.t.). Diambil 20 April 2025, dari https://kbbi.web.id/komunikasi
Astuti, S. D., & Siregar, M. (2023). Neurolinguistik Programming (NLP) Pada Anak dengan Diversitas Budaya di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Bangka Belitung.
Bandler, R., & Grinder, J. (1975). The structure of magic: A book about language and therapy. Science and Behavior Books.
Bandler, R., & Grinder, J. (1979). Frogs Into Princes: Neuro Linguistic Programming. Real People Press.
Divisi Kurikulum NeoNLP, N. N. Ss. (2015). Student Manual Neo NLP Practitioner. www.NeoNLP.org.
Gaffar, M. A., Mudrikah, A., Hamdani, H., & Hakim, L. L. (2021). Manajemen Pelatihan Berbasis NeuroLinguistic Programming (NLP) Dalam Mengembangkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru. Media Nusantara, 18, 235–250. https://doi.org/10.30999/medinus.v18i0.1286
Hattie, J. (2011). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. ResearchGate. https://doi.org/10.1007/s11159-011-9198-8
Imah, M. T., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Neuro Linguistic Programming (NLP) Dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal BK UNESA, 8(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk- unesa/article/view/23121
Ismuzaroh, S. (2013). Penerapan Hipnoteaching Melalui Neuro-Linguistic Programming Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2720
Kusman, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 29(1), Article 1.
Mufliharsi, R., & Candra, E. N. (2019). The Exploring Participation in Neuro-Linguistic Programming: Teacher and Senior High School Students’ Perceptions [Eksplorasi Partisipasi dalam Neuro-Linguistic Programming : Perspepsi Guru dan Siswa SMA. Proceeding of Community Development, 2(0), Article 0. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.107
Muhtadin, M. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), Article2. https://doi.org/10.32509/pustakom.v1i2.711
Nugraheny, D. C., & Kusuma, A. P. (2020). Neurolinguistik Programing Dalam Bidang Pendidikan. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(26), Article 26. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1682
Qadhafi, M. (2023). Strategi Komunikasi untuk Pendidik yang Menginspirasi (1 ed.). Semesta Aksara.
Qadhafi, M. (2024). Impactful Conversations: Mengungkap Rahasia Komunikasi yang Berpengaruh (1 ed.). Semesta Aksara.
Rif’ati, E. F. (2018). Merancang Kelas Pembelajaran Kediklatan Yang Kondusif dengan Pendekatan NLP. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 8(1), Article 1.
Sanjaya, A. S. (2022). Penerapan Neuro Linguistic Programming (Nlp) dalam Kecerdasan Emosional untuk Keberhasilan Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 3(09), 1226– 1235. https://doi.org/10.46799/jst.v3i09.616
Susanto, N. H., Ramadhanti, W., & Fatwa, A. (2021). Implementasi Hypnoteaching dan Neuro Linguistik Programming (NLP) melalui Pendekatan Teori Maslow pada Peserta Didik. International Journal of Human Computing Studies, 3(2), 171–181. https://doi.org/10.31149/ijhcs.v3i2.1638
Wachidah, L. R., Mulyono, & Mintowati. (2024). Neuro Linguistic Programming (NLP) sebagai Katalisator Keterampilan Retorika Mahasiswa. Ganesha: Journal of Applied Linguistics, 1(3), Article 3.
Wikanengsih, W. (2012). Menerapkan Neurolinguistic Programming (Nlp)Dalam Pembelajaran. Semantik, 1(1).https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%p
Yemima, C. K., Wulandari, A. S., Jacub, R. R., Subhan, N. I., Lestari, Y., & Nihaya, K. (2025). Penerapan Neuro Linguistic Programming dalam Meningkatkan Motivasi Siswa: Tinjauan Pustaka Sistematis. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), Article 1 Februari. https://doi.org/10.58230/27454312.1455
Yuliawan, T. P. (2014). NLP The Art of Enjoying Life: Kiat Sederhana Mengelola Pikiran untuk Hidup Bahagia. Serambi Ilmu Semesta.
DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i2.6665
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dedikasi Pendidikan oleh LPPM Universitas Abulyatama disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.