Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Menghadapi Abad Milenial

Evi Ayusari, Tamarli Tamarli, Hasanah Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter siswa menghadapi abad milenial, karakter yang terbentuk beserta faktor penghambat dan pendorong dalam membentuk karakter menghadapi abad milenial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Krueng Sabee dengan subjek guru-guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Krueng Sabee. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi keputusan, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi, dan kesimpulan akhir. Hsil penelitian menunjukkan bahwa pern guru dalam membentuk karakter siswa menghadapi abat milenial di SMA Negeri 1 Krueng Sabee: (1) peran guru dalam membentuk karakter siswa sangat penting, peran guru dalam membentuk karakter meliputi: komunikator, motivator, pembimbing dalam mengembangkan sikap, dan menguasai bahan ajar yang akan di ajarkan. (2) karakter yang terbentuk antara lain: jujur, tanggung jawab, kreatif dan kerja keras. (3) faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa adalah guru dapat mengilhami peserta didik, guru mengerahkan peserta didik, komunikasi yang baik terjalin antara guru dan orang tua siswa. Faktor penghambat adalah belum maksimalnya pembentukan karakter dari guru, kurangnya kesadaran siswa untuk memahami pembentukan karakter, kondisi globalisasi yang serba mudah, cepat yang serba difasilitasi jaringan internet.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 evi ayusari



Kandidat : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Kandidat : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019