Pengaruh Kompetensi Guru PPKn dalam Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar

Gusni Arianda, Tamarli Tamarli, Usman Usman

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara dengan guru mata pelajaran PKn di SMA Negeri 2 samadua diperoleh informasi bahwa siswa pada saat mengikuti pelajaran dalam kondisi siap, kompetensi mengajar guru yang sudah baik, hal ini terlihat dari kompetensi guru pada saat mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 2 samadua berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase.  Simpulan penelitian ini adalah kompetensi guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa, berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya meningkatkan kembali kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Siswa tekun dalam belajar baik itu di sekolah maupun di rumah, berusaha mengerjakan soal sendiri dan teliti dalam menyelesaikan tugas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gusni Arianda



Kandidat : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Kandidat : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan

Published by Center for Research and Community Service (LPPM) University of Abulyatama, Aceh, Indonesia. 2019