PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG BAHAYA GADGET, NARKOBA, DAN PERGAULAN BEBAS DI SMA NEGERI 1 KUTA COT GLIE

taufiq karma, Ismaturrahmi Ismaturrahmi

Abstract


Gadget, Narkoba dan Pergaulan Bebas merupakan salah satu masalah yang dihadapi di indonesia dan semakin berkembang. Dalam era informasi ini alat alat digital atau gadget dipakai oleh semua kalangan tidak terkecuali golongan remaja dan siswa sekolah. Kalangan remaja banyak tidak mengetahui akan bahaya penggunaan gadget. Mereka tidak memahami secara langsung atau tidak langsung terhadap bahaya tersebut, diantaranya mengakibatkan salah perilaku, seperti perlikau seks bebas, kejahatan dan pemakaian obat-obat terlarang (narkoba). Pengedar Narkoba tidak hanya mentargetkan kalangan masyarakat ke atas dan orang yang sudah dewasa, tetapi sekarang mereka sudah masuk dikalangan anak remaja, anak sekolah menengah bahkan anak Sekolah Dasar.Penggunaan Narkoba tidak akan jauh dari pergaulan bebas terutama anak-anak remaja bahkan anak sekolah, sehingga banyak yang menikah di usia muda. Untuk itu Kegiatan Pengabdian tentang Bahaya Gadget, Narkoba dan Pergaulan. Bebas merupakan penyuluhan yang bertujuan agar para siswa/siswi remaja mengerti apa dampak dari Gadget, Narkoba dan Pergaulan Bebas tersebut. Kegiatan ini dilakukan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa-siswi menambah wawasan tentang bahaya dari Gadget, Narkoba dan juga Pergaulan Bebas. Salah satu faktor yang juga ikut berperan dalam penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas yaitu Teknologi Informasi atau Gadget

Kata Kunci: Bahaya Gadget, Narkoba dan Pergaulan Bebas, Penyuluhan


References


A. Anggraeni and H. Hendrizal, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA,” Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, vol. 13, no. 1, pp. 64–76, 2018.

J. Marpaung, “Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan,” KOPASTA J. Couns. Guid. Study Progr., vol. 5, no. 2, 2018.

J. Hadipramana, A. Aguslinar, D. N. Pratiwi, and N. W. Ginting, “Program Pendampingan Remaja Terhadap Dampak Teknologi Digital Terhadap Gaya Hidup di Desa Sidodadi Ramunia, Kabupaten Deli Serdang,” in Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 378–383.

A. F. S. Rahman, A. L. Furqoni, A. D. A. A. Sitanggang, S. Y. S. S. Yasmin, S. Istiqomah, and A. G. Prayitno, “Sosialisasi Mengenai Narkoba Dan Sex Education SMA Negeri 6 Balikpapan,” JMM-Jurnal Masy. Merdeka, vol. 2, no. 2, 2020.

Y. Andriansyah, “Penyuluhan pencegahan Bahaya Narkoba Terhadap anak-Anak Usia Dini,” Asian J. Innov. Entrep., vol. 2, no. 02, pp. 104–108, 2013.

H. K. Anwar, M. Martunis, and F. Fajriani, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas Pada Remaja Di Kota Banda Aceh,” JIMBK J. Ilm. Mhs. Bimbing. Konseling, vol. 4, no. 2, 2019.

L. Octavia, F. Susanti, H. As’yari, and M. Legiandini, “Penyuluhan Kesehatan Tentang Bahaya Seks Pada Remaja Di SMK Bina Medika Jakarta Timur,” J. Pelayanan dan Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 14–23, 2017.

P. H. Pebriana, “Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.