PENGARUH PENYULUHAN TENTANG BAHAYA NARKOBA, GADGET, DAN PERGAULAN BEBAS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA

Putri Raisah, Dini Rahmayani Rahmiyani

Abstract


Gadget bukan hanya sekedar alat komunikasi, jaman sekarang sudah menjadi tren atau gaya hidup. Gadget dengan berbagai aplikasi dapat menyajikan berbagai media sosial, sehingga seringkali disalahgunakan oleh siswa yang dapat berdampak buruk bagi nilai akademik atau tingkat prestasi mereka. Narkoba (narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukkan kedalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikkan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasan, serta prilaku seseorang. Perilaku seksual pranikah adalah salah satu bentuk ungkapan tingkah laku atau rasa cinta yang dilampiaskan dimulai pada tahap berdekatan, berciuman sampai melakukan senggama tanpa adanya ikatan pernikahan. Dampak adanya perilaku seksual pranikah pada remaja adalah berdampak pada sosial, fisik, fisiologi dan dapat menyebabkan penyakit menular. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan tentang bahaya gadget, narkoba dan pergaulan bebas terhadap pengetahuan siswa di SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Desain penelitian ini menggunakan desain pra experiment dengan jenis one group pretest-postest desain. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang dari populasi 60 orang siswa di SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Hasil pengumpulan data sebelum diberikan edukasi pengetahuan siswa masuk kategori tinggi sebanyak 14 orang (58.3%), sedangkan sesudah diberikan edukasi pengetahuan siswa masuk kategori tinggi sebanyak 22 orang (92.7%). Hasil analisis bivariat menunjukan p=0.00

 

Kata Kunci: Penyuluhan, Gadget, Narkoba, Pergaulan Bebas


References


Bachruddin. W, Dkk. (2017). Pengaruh Penyuluhan Tentang Bahaya Seks Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Seks Bebas Di Sma Negeri Binsus 9 Manado. E-journal keperawatan (e-kep),5(1)

Syahyudin. D. (2019). Pengaruh Gadget Trhadap Pila Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Jurnal kehumasan, 2(1).

Bambang. (2016). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Narkoba Terhadap Pengetahuan Remaja Temtang Narkoba Di Sma Santa Carolus Medan. Jurnal keparawatan flora, 9(2).

Rasyid. R. Dkk. (2020). Penyuluhan Pencegahan Penyalahagunaan Narkoba Di Kalangan Pelajar Smp Negeri 6 Duamp Anua Kabuapten Pinrang. Jurnal masyarakat mandiri, 4(2).

Toar. A. E. Adam. H. Engkeng. S.(2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Pelajar Tentang Penyalahgunaan Narkoba Di Sma Negeri 1 Manado. Jurnal KESMAS, 8(7).

Istiqomah. N dan Notobroto. H. B. (2016). Pengaruh Pengetahuan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Seksual Prankah Di Kalangan Remaja Smk Di Surabaya. Jurnal Biometrika dan Kependudukan,5(2).

Hudaya. A.(2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.