PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN PADA SISWA TENTANG BAHAYA PERGAULAN BEBAS, NARKOBA, DAN GADGET DI SMA 2 KUTA BARO

Putri Raisah, Darmawati Darmawati

Abstract


Program pengabdian kepada siswa/i dengan topik “Pengaruh pemberian penyuluhan terhadap pengetahuan pada remaja awal tentang bahaya pergaulan bebas, narkoba, dan gadget Di SMA 2 Kuta Baro” ditujukan untuk memberikan pengetahuan mengenai bahaya Pergaulan bebas, narkoba, dan gadget di sekolah tingkat Atas, pentingnya memberikan edukasi tentang bahaya pergaulan bebas, narkoba dan gadget sejak dini merupakan satu langkah preventif. Seks bebas adalah hubungan seksual yang dilakukan oleh laki-laki dan wanita tanpa adanya ikatan pernikahan. Perilaku seks bebas dapat menimbulkan berbagai dampak negatif pada remaja, diantaranya: dampak psikologis, fisiologis, sosial, dan fisik serta menyebabkan penyakit menular seksual pada remaja. Secara alami dorongan seks bebas pada remaja sangat besar diakibatkan oleh perubahan yang terjadi. Hasrat yang tidak terkendali menjadikan remaja terjerumus dalam prostitusi, hubungan seks bebas, hubungan seks pranikah, dan berbagai akibat negatif lainnya termasuk aborsi. Narkoba kini juga tidak hanya menyerang usia 20 tahun ke atas. Karena mulai dari siswa SD juga harus diwaspadai peredaran bahaya narkoba. Peredarannya bukan saja dari tempat tertutup tapi bisa dari pergaulan, warnet dan sebagainya. Untuk membentengi diri dari narkoba peran perhatian orang tua sangat penting. Keluarga memiliki peran paling penting dalam pengasuhan anak. Pola pengasuhan orang tua terhadap anak dipengaruhi pendidikan dan pendapatan orang tua. Kesalahan dalam pengasuhan anak akan berdampak buruk ketika anak dewasa nanti. Orang tua dapat melakukan pengawasan kepada anak saat menggunakan gadget untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kata Kunci: Gadget, Narkoba, Narkotika, Pergaulan Bebas, Remaja

References


J. R. L. Batubara, “Adolescent Development,” vol. 12, no. 1, pp. 21–29, 2010.

N. Binsus and F. Kalalo, “TENTANG SEKS BEBAS DI SMA,” vol. 5, 2017.

H. Prajayanti, “Penyuluhan tentang Bahaya Penggunaan Narkotika , Psikotropika dan Obat- Obat Adiktif di MAS Yapensa Jenggot Kota Pekalongan,” vol. 1, no. 1, pp. 30–34, 2020.

F. K. Masyarakat and U. A. Dahlan, “EDUKASI POLA ASUH DAN BAHAYA PENGGUNAAN GADGET Lina Handayani, Chayanita Sekar Wijaya, Maya Kusuma Dewi,” vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2020.

U. Hasanuddin, “Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Antisipasi Pergaulan Bebas Remaja Usia Sekolah di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan,” vol. 1, no. 2, pp. 62–68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.