PELAYANAN BERKAS REKAM MEDIS COVID-19 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2021

Zulfahmi Zulfahmi, Oriza Sativa, Sirwan Hamid

Abstract


Pentingnya kewaspadaan dan perlindungan kepada petugas rekam medis  dan  informasi  kesehatan  dalam  situasi  wabah COVID-19 dalam menjalankan pekerjaan rekam medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan berkas rekam medis COVID-19, mengetahui sistem pendaftaran, alur pendaftaran, pengolahan berkas serta prosedur penanganan berkas rekam medis COVID-19 di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini yaitu petugas rekam medis di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 7 orang, yang terdiri dari 3 petugas pendaftaran, 3 petugas pengolahan berkas rekam medis dan 1 kepala rekam medis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dengan analisa data penarikan kesimpulan dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kinerja petugas rekam medis dalam pelayanan berkas rekam medis COVID-19 sudah baik. Namun penanganan berkas rekam medis COVID-19 belum sesuai dengan prosedur, dikarenakan fasilitas yang belum tersedia, seperti tidak tersedianya plastik berwarna kuning untuk kode infeksi dan box container yang digunakan  untuk  menyimpan  berkas  rekam  medis  COVID-19  selama  berkas rekam medis didiamkan.

 

Kata Kunci: Bahaya Gadget, Narkoba dan Pergaulan Bebas, Penyuluhan

References


T. Handayani, E. Rustiyanto, and S. N. Markus, “Evaluasi pelaksanaan sistem pelaporan rekam medis di klinik asri medical center,” J. Manaj. Inf. Kesehat. Indones., vol. 1, no. 2, 2013.

W. H. Organization, “Coronavirus disease 2019 (COVID-19): situation report, 51,” World Health Organization.

DPP FORMIKI, “Surat Edaran No. HM.01.01/002/III/2020 Tentang: Prosedur Kerja Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Dalam situasi Wabah Covid-19,” Jakarta, 2020. [Online]. Available: https://pormiki.or.id/prosedur-kerja-perekam-medis-dan-informasi-kesehatan-dalam-situasi-wabah-covid-19/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.