PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG BAHAYA NARKOBA, GADGET DAN PERGAULAN BEBAS DI SMA NEGERI 1 KOTA JANTHO

Pasyamei Rembune Kala, Sukma Wati

Abstract


Tindak pidana narkotika adalah suatu perbuatan melanggar hukum dan merupakan kejahatan yang terorganisir. Tindak pidana narkotika merupakan suatu kejahatan transnasional yang merupakan suatu bentuk kejahatan lintas batas negara. Hal ini menyebabkan perkembangan kejahatan narkotika yang terjadi di negara-negara didunia perlu untuk diberantas secara tuntas. Gadget merupakan suatu alat teknologi yang saat ini berkembang pesat yang memiliki fungsi khusus diantaranya yaitu smartphone, I phone dan Blackberry. Gadget dengan berbagai aplikasi dapat menyajikan berbagai media sosial, sehingga seringkali disalahgunakan oleh siswa yang dapat berdampak bururk bagi nilai akademik atau tingkat prestasi mereka. Pelecehan seksual pada anak adalah perilaku yang mengarah pada hal yang bersifat seksual pada anak, tidak dikehendaki oleh anak, serta menimbulkan dampak negatif pada anak. Kasus pelecehan seksual pada anak semakin meningkat pertahunnya sehingga perlu dilakukan pencegahan melalui psikoedukasi seks pada anak prasekolah.

 

Kata kunci: bahaya narkoba, bahaya gadget, pergaulan bebas

References


R. A. Putri and F. D. Dwatra, “Hubungan Dukungan Sosial dengan Self-Efficacy pada Pengguna Narkoba yang Direhabilitasi di BNNP Sumatera Barat,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 3503–3510, 2020.

V. L. S. Herindrasti, “Drug-free ASEAN 2025: Tantangan indonesia dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba,” J. Hub. Int., vol. 7, no. 1, pp. 19–33, 2018.

N. Azmi, “Pengaruh Globalisasi Terhadap Peredaran Narkotika Di Asia Tenggara Tahun 2011-2015,” Jom Fisip, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2017.

R. G. R. Gukguk and N. S. P. Jaya, “Tindak pidana narkotika sebagai transnasional organized crime,” J. Pembang. Huk. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 337–351, 2019.

S. Setianingsih, “Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas,” Gaster, vol. 16, no. 2, pp. 191–205, 2018.

T. Karma, P. Raisah, P. R. Kala, W. Seni, S. M. Rukmana, and N. Fajri, “EFEKTIFITAS PENYULUHAN TENTANG BAHAYA NARKOBA TERHADAP PENGETAHUAN SISWA KELAS 12 DI SMA FAJAR HIDAYAH,” J. DIMASAYA, vol. 1, no. 1, pp. 23–28, 2021.

A. R. Hidayat and E. Junianto, “Pengaruh gadget terhadap prestasi siswa smk yayasan islam tasikmalaya dengan metode tam,” J. Inform., vol. 4, no. 2, 2017.

B. Manumpil, A. Y. Ismanto, and F. Onibala, “Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado,” J. Keperawatan, vol. 3, no. 2, 2015.

M. Paezal, M. S. Husen, and B. Haerani, “Analisa Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pergaulan Bebas Pada Remaja Kelas X Dan Xi Di Sma Nurul Falah Perina Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020,” J. Indones. Sos. Sains, vol. 1, no. 3, pp. 189–198, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.